Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya/ist

Menteri LHK : Sawit Jadi Tumpuan Hidup 21 Juta Orang

Agrofarm-Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya menjelaskan bahwa produksi kelapa sawit telah menjadi tumpuan hidup lebih dari 4, juta orang secara langsung dam 21 juta orang secara tidak langsung, yang 42% di antaranya adalah petani kecil (smallholder farmers).

Dalam kesempatan lain, Menteri LHK juga telah bertemu dengan Karmenu Vella, European Commissioner for Maritime Affairs and Fisheries yang membawahi bidang lingkungan hidup. Dalam pertemuan tersebut, kedua pihak menghargai kerjasama pengembangan Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) yang merupakan skema pertama yang berjalan dalam kerangka EU Forest Law Enforcement Governance and Trade (FLEGT).

Skema FLEGT akan diterapkan untuk Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) dan akan disahkan dalam Perpres pada akhir 2018,” ujar Siti dalam keterangan resminya, Kamis (05/4/2018).

Ide ini disambut baik oleh pihak Uni Eropa karena UE sangat mementingkan transparansi. Selain itu, UE juga mengusulkan untuk mengintegrasikan ISPO dgn skema internasiona​l Responsible Sustainable Palm Oil RSPO).

Yuri Octavian Thamrin. Duta Besar Indonesia untuk Belgiamenyampaikan bahwa masih terdapat loopholes terkait akses produk kayu bersertifikat ke Uni Eropa. Hal ini kerap dimanfaatkan oleh negara pesaing lain yang produknya tidak bersertifikat.

Sejumlah Port Authority di negara UE belum memiliki pemahaman menyeluruh mengenai FLEGT sehingga UE diharapkan dapat melakukan enforcement ke berbagai pihak terkait” kata Thamrin.Bantolo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *