Harga tomat di tingkat petani turun/ist

Harga Tomat di Kabupaten Karo Mulai Stabil

Agrofarm-Harga tomat di Kabupaten Karo kini sudah stabil. Tercatat, per hari ini, harga tomat di tingkat petani mencapa Rp 1.500 hingga 1.800 per kilogram (kg) dan di pasar Rp 3.000 hingga 4.000 per kg.

Untuk diketahui, sentra tomat dan cabai Kabupaten Karo menyebar di beberapa kecamatan yakni Kecamatan Dolat Rayat, Berastagi, Merdeka, Simpangempat, Merek, Barusjahe, Kabanjahe dan Tigapanah.

Licinius, petani champion Desa Bukit Kecamatan Dolat Rayat Kabupaten Karo memgatakan, umumnya tomat di daerah dihasilkan dari sistem budidaya tumpangsari dengan cabai atau jeruk.

“Jadi karena tomat tumpangsari dengan tanaman lain, tidak terpengaruh harga, karena bisa mengandalkan hasil tani lainnya,” kata Licinius dalam keterangan resminya, Jumat Jumat (6/4/2018).

Untuk menstabilkan harga tomat, sebut Licinius, pemerintah perlu melakukan beberapa langkah kongkret. Pertama pengaturan tanam antar wilayah. “Artinya jangan latah tanam bareng bareng,” sebut dia.

Kedua, pola tanam antar waktu agar disepakati. Biasanya tanam puncak pada bulan Juli sampai September.

“Saya optimis tuh ketersediaan cabai dan tomat di Karo menjelang puasa dan lebaran 2018 dalam kondisi aman, cukup dn stabil,” ujarnya.

Lebih lanjut Licinius menegaskan bersama petani lainnya, siap untuk mengawal dan menerapkan pengaturan pola tanam tomat dan cabe. Selanjutnya, akan meminta dinas untuk melatih petani. “Pelatihan berupa cara pasca panen dan pengolahan tomat menjadi produk bernilai tinggi,” pintanya.

Kepala Bidang Hortikultur Kabupaten Karo, Sebayang Adison menerangkan berdasarkan data tanaman, luas panen tomat di Kabupaten Karo di bulan April mencapai 450 hektare (ha) dan Mei 425 ha. Sementara luas lanen cabai di bulan April mencapai 950 ha dan Mei 1.115 ha.

“Ya panen luas karena Karo kan sentranya tomat dan sayuran yang menyuplai Sumatera Utara dan Batam bahkan luar negeri. ya untuk pasarnya sih baik dan lancar,” terangnya.

Sebayang menyebutkan rata-rata produktivitas tomat di Kabupaten Karo mencapai 30 hingga 35 ton per ha, setara 17 ribu pohon dengan varietas dokter benih, aura dan klous. Tinggi tanaman cabai bisa 1 hingga 1,5 meter dengan usia 1,5 sampai 2 tahun.

“Produktivitasnya 3 hingga 4 kilogram per pohon atau 40 ton per hektare dengan kerapatan 17 ribu pohon perhektare. Harga cabai disini lagi bagus,” jelasnya. Bantolo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *