Agus Pakpahan, Ketua Umum Gabungan Asosiasi Petani Perkebunan Indonesia (Gapperindo)/ist

Merger Bulog, PTPN dan RNI, Gapperindo : Pemerintah Harus Pertimbangkan Tiga Faktor Ini

Agrofarm.co.id-Ketua Umum Gabungan Asosiasi Petani Perkebunan Indonesia (Gapperindo), Agus Pakpahan meminta Menteri BUMN Erick Thohir berhati-hati dalam mengambil kebijakan menggabungkan Perum Bulog dengan PTPN dan RNI menjadi satu klaster pangan.

Agus mengungkapkan, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan pemerintah dalam pembentukan klaster pangan. Pertama, ada opportunistic behavior yang berkaitan dengan kekuasaan yang lebih besar di satu pihak, dan kesulitan monitoring dan evaluasi di pihak lain.

Kedua, pengelolaan economies of scope memerlukan manajemen puncak yang kuat dan mampu bekerja keras. “Ini juga memerlukan multi-capability dalam mengelola bidang-bidang yang beraneka-ragam tersebut,” kata Agus agrofarm.co.id, Selasa (02/6/2020).

Ketiga, pengelolaan economies of scale yaitu kompleksitas yang berkaitan dengan skala usaha yang makin besar. Keempat, pengelolaan free rider atau shirking atau ignorance sebagai akibat meningkatnya biaya transaksi, biaya pemantauan, dan biaya penindakan yang berkaitan dengan scope dan scale yang semakin besar.

“Apabila hal tersebut tidak dapat dikelola, maka kemungkinan apa yang pernah terjadi dengan Vereenigde Oost-Indische Compagnie (VOC), yaitu jatuh bangkrut pada 1799 akan terjadi. Tetapi sebaliknya, apabila bisa dikelola dengan baik oleh BUMN integratif tersebut maka akan lahir BUMN baru yang bisa bersaing di dunia global sama seperti BUMN negara lain yang sukses,” terang Agus.

Adapun beberapa faktor penyebab bangkrutnya VOC yaitu merajalelanya korupsi, ketidakefisienan, dan krisis keuangan pada saat itu. Utang VOC kala itu mencapai 136,7 juta gulden dan terhitung sejak 31 Desember 1799 VOC dinyatakan pailit.

Menurut Agus, ada potensi benefit langsung dan multiplier yang sangat besar dengan menggabungkan BUMN-BUMN tersebut di atas. Apalagi jika Perum Perhutani juga dihabungkan ke dalam klaster pangan itu.

“Tugas utama Perum Perhutani adalah investasi di bidang lingkungan sebagai investasi suprastruktur yang mengamankan infrastruktur produksi berbasis sumberdaya alam seperti sawah dan irigasinya,” tutur mantan deputi Kementerian BUMN Bidang Agro Industri itu.

Dia mengingatkan, apabila hutan-hutan di daerah aliran sungai (DAS) hulu rusak, maka infrastruktur pertanian seperti irigasi dan sawah juga ikut rusak. “Kemudian, sistem logistik yang berkaitan dan urban sistem yang tergantung pasokan air dan udara segar dari hutan-hutan di sekitarnya manfaatnya tidak akan berarti,” ujar Agus.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, pihaknya sedang menyusun peta jalan industri pangan di BUMN. Saat ini, BUMN sedang menyiapkan roadmap untuk industri pangan di BUMN. Penggabungan PTPN, Bulog, dan RNI dalam klaster pangan, menurut Erick, akan mendorong terbentuknya rantai industri pangan yang terkonsolidasi di BUMN. Bantolo

4 comments

  1. Helo penonton
    Kami adalah peniaga profesional, menjana pendapatan forex dan binari untuk pelabur setiap minggu, dengan senang hati akan memberitahu anda lebih banyak mengenai platform pelaburan kami di mana anda boleh melaburkan dana sebanyak $ 200 dan mula memperoleh $ 2000 setiap minggu, banyak orang telah mendapat manfaat daripada tawaran pelaburan ini sebelum ini dan semasa virus convid-19 ini, jika anda menghadapi masalah kewangan disebabkan oleh coronavirus ini dan anda memerlukan pertolongan membayar bil, cukup pilih rancangan pelaburan yang sesuai untuk diri anda dan mulailah menjana keuntungan setiap minggu..

    $ 200 untuk memperoleh $ 2,000 dalam 7 hari
    $ 300 untuk memperoleh $ 3,000 dalam 7 hari
    $ 500 untuk memperoleh $ 5,000 dalam 7 hari
    $ 1000 untuk memperoleh $ 10000 dalam 7 hari
    $ 5000 untuk memperoleh $ 50000 dalam 7 hari

    Untuk memulakan pelaburan anda sekarang
    e-mel: claustradingsignal07@aol.com
    Melalui whatsapp: +12166263236

  2. Can I just say what a relief to discover somebody that truly understands what they
    are talking about on the internet. You definitely understand how
    to bring an issue to light and make it important. A lot more people need to look at this and understand
    this side of the story. It’s surprising you’re not more popular
    since you certainly have the gift.

  3. Spot on with this write-up, I actually believe this site needs
    far more attention. I’ll probably be back again to see more, thanks
    for the information!

  4. It’s nearly impossible to find well-informed people in this particular topic, however, you seem like you know what you’re talking about! Thanks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *