Menko Luhut : Vatikan Bantu Indonesia Hadapi Resolusi Sawit Eropa

Agrofarm-Menko Maritim Luhut B. Pandjaitan mengatakan Vatican akan membantu Indonesia dalam menghadapi ancaman Uni Eropa untuk menghapus penggunaan biodiesel dari kelapa sawit. Hal ini disampaikan Kardinal Peter Turkson, Direktur Lembaga Kepausan untuk Keadilan dan Perdamaian di kota Vatican.

“Kardinal Turkson menyampaikan bahwa Ia concern dengan nasib petani sawit dan jutaan orang yang kehidupannya bergantung pada industri kelapa sawit ini. Beliau secara khusus menyatakan apa yang akan terjadi jika mereka ini -yang sebagian besar Muslim- tidak mempunyai penghasilan lagi. Karena itu, Kardinal Turkson menggagas untuk mengadakan seminar yang membicarakan hal ini di Universitas Kepausan di Vatican bulan depan,” ujar Menko Luhut usai dalam keterangan resminya, Kamis (26/4/2018).

Menurutnya, dalam pertemuan yang berlangsung hampir dua jam itu dibahas tentang apa yang dapat dilakukan untuk mencegah jangan sampai jumlah orang yang dikategorikan miskin bertambah.

Seminar akan mengundang unsur-unsur dari Uni Eropa, perusahaan multi-nasional pengguna produk kelapa sawit, petani rakyat khususnya dari Malaysia dan Indonesia serta lenbaga-lembaga keagamaan. Menko Luhut mengusulkan untuk mengundang organisasi keagamaan terbesar seperti NU dan Muhammadiyah karena untuk Indonesia, yang dikhawatirkannya adalah tumbuhnya paham-paham radikal sebagai dampak dari kemiskinan.

Dia menjelaskan kepada Kardinal Turkson apa saja yang telah dilakukan Indonesia, seperti pembersihan sungai Citarum yang tidak hanya dilakukan oleh masyarakat sipil, tetapi juga melibatkan ribuan personel TNI dan Polri ikut membersihkan sungai terkotor di dunia yang panjangnya 300 km itu.

Kardinal Turkson mengapresiasi usaha-usaha pemerintah dalam mengatasi berbagai masalah lingkungan termasuk pencurian ikan dan kebakaran hutan.

Adapun Resolusi Parlemen Eropa berupaya menghentikan penggunaan minyak kelapa sawit untuk bahan bakar biodiesel pada 2021. Resolusi dengan tajuk Report on Palm Oil and Deforestation of Rainforests ini menuding bahwa kelapa sawit enyebab utama deforestasi dan perubahan iklim. Bantolo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *