Tokopedia menjadi sponsor utama sekaligus mitra pengembangan bagi Koperasi Komunitas Kopi Indonesia (Kokopi) /ist

Tokopedia : Penjualan Cokelat dan Bunga Bakal Meningkat di Hari Valentine

Agrofarm.co.id-Tokopedia memprediksi penjualan cokelat dan bunga meningkat pada Hari Kasih Sayang atau hari Valentine. Bagi seller, momentum ini dapat menjadi peluang bisnis yang sayang jika dilewatkan.

Berdasarkan data Tokopedia, penjualan cokelat pada 2017 meningkat lebih dari 650%. Sementara angka penjualan bunga meningkat lebih dari 250%.

Garri Juanda, Co-Head of Marketplace Tokopedia menjelaskan, Tokopedia menjadi wadah bagi seller untuk bisa dengan mudah dan nyaman dalam menjual produknya ke pasar yang lebih luas. Namun, tidak kalah penting bagi seller untuk selalu jeli melihat peluang. Sepanjang tahun, ada berbagai momentum yang dapat dimanfaatkan oleh seller.

“Peningkatan penjualan cokelat dan bunga tahun lalu menjadi cerminan ketertarikan orang Indonesia terhadap belanja online. Ini membuka peluang usaha yang semakin besar bagi para seller Tokopedia,” kata Garri dalam keterangan resminya, Kamis (08/2/2018).

Guna menghadapi permintaan cokelat dan bunga yang biasanya naik drastis di bulan Februari, akan lebih baik jika para seller lebih maksimal mempersiapkan diri, baik dari segi stok produk dan variasi yang ditawarkan.

“Momentum ini tidak hanya jadi peluang untuk seller yang sudah berjualan online. Siapapun yang memiliki ide bisnis, entah merangkai bunga atau jago berkreasi dengan cokelat, ini bisa jadi awal untuk berani memulai usaha. Tokopedia sebagai marketplace terbesar di Indonesia mendukung siapapun dan dimanapun mereka berada untuk bisa memulai dan mengembangkan usaha,” jelas Garri.

Salah satu merchant cokelat di Tokopedia, Kakaoku Cokelat mengaku mengalami peningkatan penjualan cokelat yang signifikan jelang valentine. Peningkatan itu bahkan bisa mencapai 500% dibanding biasanya.

Shita Founder dari Kakaoku Cokelat mengakui, pembuatan cokelat tidak terlalu lama, yakni hanya membutuhkan waktu 45 menit per produknya. Namun ini berbeda jika permintaannya banyak.

“Yang membutuhkan waktu lebih lama justru di packaging (kemasan). Jadi per Januari lalu, kami sudah mulai membuat box untuk produk best seller. Karena setiap tahun, best sellernya pasti nggak jauh bergeser,” ungkap Shita.

Beberapa produk cokelat yang paling diminati dari Kakaoku Cokelat ini antara lain buket bunga cokelat, cokelat foto frame, dan praline text.

Berbagai persiapan sudah dilakukan Shita untuk valentine ini. “Ini peluang usaha yang bisa dimaksimalkan. Saran saya, para seller perlu lebih mempersiapkan diri menghadapi 14 Februari nanti, apalagi yang memang fokus di produk cokelat dan bunga,” pungkas Shita. Bantolo

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *