Rudi Ginting Ketua Perkumpulan Petani Vanili Indonesia (kiri)/bantolo

Vanili Indonesia Tembus Pasar Eropa dan AS

Agrofarm.co.id-Dalam lima tahun terakhir ini vanili (Vanilla planifolia) sudah menjadi tanaman primadona. Hal ini lantaran harga vanili diatas Rp 2 juta per kilogram (kg). Pada tahun 2001 Indonesia pernah menjadi eksportir vanili terbesar dunia.

Saat ini harga vanili sudah mencapai Rp 5 juta per kg. Bahkan, sempat menyentuh Rp 6,2 juta per kg pada dua bulan lalu. Pada saat itu Negara Meksiko, Ghana dan Madagaskar belum mengalami panen puncak.

“Ketika sekarang masuk masa panen, harga jadi turun seitar Rp 5 juta per kg,” ujar Rudi Ginting Ketua Perkumpulan Petani Vanili Indonesia pada acara Peringatan Hari Perkebunan ke-26 di Yogyakarta, Minggu (10/12/2017).

Sentra vanili tersebar di Indonesia mulai dari daerah Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi dan Irian jaya. Namun juga mulai berkembang di Magelang, Purwokerto, Banyuwangi, Malang, Jember, Bondowoso, Lampung, Sumatera Utara dan Sumatera Selatan.

Dia menerangkan, dalam satu hektar bisa ditanami 2.500-3.000 pohon vanili. Satu pohon dapat menghasilkan 0,3 sampai 0,4 kg vanili kering. “Produksi ini tergantung perawatan dan cara mengolah vanili dengan baik. Tanaman ini panen dua kali dalam setahun,” katanya.

Rudi menjelaskan, vanili pernah menjadi idola dan meredup lantaran harga jatuh di tingkat petani. Harga jatuh karena adanya permainan eksportir.

“Untuk itu, ke depan kualitas vanili harus ditingkatkan. Salah satu faktor harga vanili turun dan ditolak ekpor lantaran rendahnya kualitas vanili petani,” tandas Petani Vanili Jawa Timur.

Selain itu, katanya, pasca panen vanili terutama dalam proses pengiringan disamakan dengan tanaman padi dan jagung. Tidak bisa dijemur langsung di bawah sinar matahari, namun harus melalui proses fermentasi. “Dan yang diterima di pasar luar negeri vanili kering dari hasil fermentasi, dengan kadar air minimal 12%-15%,” tambahnya.

Tanaman vanili dapat tumbuh pada ketinggian minimal 400 dibawah permukaan laut. “Sehingga tidak semua daerah Indonesia dapat ditanami tanaman asal Meksiko ini,” ujar Rudi.

Menurutnya, tantangan sekarang dalam pengembangan vanili, minimnya ketersediaan benih unggul. Meskipun sudah diproduksi oleh Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), namun harganya cukup mahal sekitar Rp 30.000 per pohon. “Harga segitu terlalu mahal bagi petani,” tandasnya.

Dia menuturkan, pasar ekpor vanili cukup besar utamanya ke Negara Eropa dan Amerika Serikat (AS). “Pesanan vanili kering ke AS bisa mencapai 8 ton per bulan,” ungkapnya.

Sementara itu, negara pesaing penghasil vanili Indonesia yakni Papua Nugini dan Timor Leste. “Kedua Negara tersebut sudah memiliki ratusan hektar tanaman vanili dan sepanjang tahun panen karena pola tanam sudah tertata dengan baik,” bebernya.

Untuk itu, pada peringatan Hari Perkebunan ke-26 ini para petani mendirikan perkumpulan petani vanili Indonesia. “Saat ini kami sedang menyusun sruktur kepengurusan organisasinya besarta program kerja,” jelas Rudi. Bantolo

 

29 comments

  1. anderson djailani

    berapa sekarang harga vaneli?

  2. Gimana cara mendapatkan bibit panili pak saya di riau wa 082294413088

  3. Semoga Spec dan bin vanili infonesia mendapat harga sepadan..salam

  4. Dimana alamatnya/tempatnya untuk menjual vanili kering karna saya tinggalnya di papua barat

  5. Bisa kami input Bu. berapa banyak quantity ya. Wa 085219729566

  6. Assalamualaikum. Saya dan keluarga petani vanili dari Sulawesi lagi cari pembeli untuk wilayah Jabodetabek mohon jawaban
    WA : 0813-8754-5364

  7. Saya punya vanili basah kurang lebih 1 kwintal, jadi berapa perkilonya ?
    Tanaman saya hampir 1 hektar.

    WA : 0877 5551 7239

  8. berantas dulu eksportir nakal karena kejatuhan kejayaan vanili Indonesia thn 2001 mereka penyebab utama.
    Perlu ketegasan dan komitmen Pemerintah mendukung PPVI meningkatkan penghasilan petani Indonesia dalam budidaya vanili.
    Dua masalah diatas merupakan akar masalah yang perlu dibenahi.
    saya dukung Mas Rudi Ginting TERIMA KASIH NIAT DAN USAHA BAPAK. GBU

  9. Saya tertarik dengan tanaman panili saya mulai menam ponon panili lumayan banyak.yang saya bingung nanti kalau panen buah panili mau jual kemana kalau ada penampung yg jelas saya lebih semangat lagi untuk tanam lebih banyak lagi dan lebih serius lg.mohon bimbingan ya

  10. Tanam vanili tdk bisa disamakan dg nanam sayuran yg meski kecil nilai jualnya namun bisa diterima oleh spa saja dan utk spa saja.
    Tanam vanili itu berlaku bg para pemodal besar saja dan sangat susah dikelola oleh masyarakat yg brrmodal kecil, hasil panen sedikit dan tdk ada pengepul yg mau ambil.
    Andai para monopolis mau berbagi kesejahteraan thdp kami petani kecil itu akan jauh lbh menyenangkan..
    Tp kenyataannya, mereka justru mematikan kami petani kecil dg tdk membuka ruang kerjasama, dan hasil panen kami tdk dihargai..
    Seperti kasus cengkeh dan tembakau..
    Enyahkan para monopolis di negeri ini jgn biarkan dia berjalan sprti tanpa dosa!!

  11. Dimana tempat/alamatnya dan nomor hpnya berapa harga vanili basah dan vanili keringnya kalau sekarang.

  12. I am genuinelky grateful to thee owner of this site who has
    shared this impressive piece of writing at at this place.

  13. Ada yang menyediakan bibit unggul di daerah sumatera utara? Kemahalan ongkos kalo kirim dari jawa

  14. Salam.
    Saya ingin mulai dengan usaha Vanilla. Apakah ada yg minat kerja sama. Kebetulan saya tinggal dekat dengan perbatasan PNG. No HP/ WA saya + 62 81344 726888 atas nama Darwin
    Salam Hormat.

  15. Dessy Purnama Putra

    Ok, saya salah satu petani pemula

  16. Saya mau tanya pemasaran vanili apa susah ?
    Trus perawatan dan sya dengar” pengawinan apa bener manual ?
    Harga bibit mahal apa tidak ?
    Mf sya cuma lulusan smk susah cari kerja skrang siapa tau ilmu” dari smpean buat jalan rezeki.

  17. Minta no WA nya bu .. Sy d jawa.. Sy bisa jualnya tpi itu garmet apa g.. Jenisnya apa ..ykuran berapa.. Hrga berapa ..k trs jng brng sortiran y..

  18. Assalamu’alaikum wrwb.
    Mohon ijin salam kenal.
    Nama saya Asep K. Saya sangat ingin bertani vanilli.
    Mohon bimbingannya dari para pembina.
    Demikian terima kasih.
    Wassalam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *