Beranda Pertanian The Good Growth Plan, Komitmen Syngenta Bantu Petani Indonesia

The Good Growth Plan, Komitmen Syngenta Bantu Petani Indonesia

BERBAGI
Parveen Kathuria, President Director Syngenta Indonesia/ist

Agrofarm.co.id-The Good Growth Plan merupakan komitmen Syngenta untuk membantu petani menghadapi tantangan kebutuhan pangan dengan cara berkelanjutan. Ada enam komitmen dalam The Good Growth Plan yang bertujuan membuat kontribusi terukur di tahun 2020 dengan meningkatkan efisiensi sumber daya, meremajakan ekosistem, dan merevitalisasi masyarakat perdesaan.

Hal tersebut disampaikan Syngenta dalam gathering Syngenta Commitment Progress The Good Growth Plan 2016, di Jakarta, Rabu (12/4/2016).

Dalam kesempatan itu, Syngenta melansir laporan terbaru yang meliputi memberkan kemudahan akses finansial, teknologi, pengetahuan dan pasar kepada petani di Indonesia. Produksi jagung meningkat sebesar 12% dan penghasilan petani jagung meningkat 23% Peningkatan pendapatan petani mangga hingga 34%

Memasuki tahun ketiga, The Good Growth Plan telah berhasil menunjukkan kemajuan di masing-masing komitmen. Di tahun 2016, Syngenta telah berhasil mencapai 10.55% peningkatan produktivitas rata-rata di ASEAN dan Syngenta terus berkomitmen untuk memperkuat fungsi pengawasan untuk memaksimalkan pencapaian. Di sisi lain, Syngenta telah menjangkau 1.7 juta petani kecil di ASEAN melalui penjualan tidak langsung. Melalui komitmen The Good Growth Plan, 563 ribu petani telah mendapatkan pelatihan pertanian yang aman dan berkelanjutan. Lebih dari 430 ribu diantaranya adalah petani kecil.

Di Indonesia salah satu program The Good Growth Plan untuk memberdayakan petani kecil yaitu melalui program finansial-mikro untuk petani jagung dan teknologi pembungaan awal untuk petani mangga. Beberapa diantaranya adalah melalui program transfer pengetahuan dan pengembangan kapasitas dimana Syngenta menyediakan Learning Center, mengadakan pertemuan antar petani dan membangun jaringan, memberikan pelatihan agronomi dan demonstrasi tanaman. Tak hanya itu, Syngenta memberikan kemudahan pada akses finansial dengan model asuransi mikro yang memiliki skema pembayaran yang ramah bagi petani.

Tantangan terbesar dari meningkatkan ketahanan pangan di dunia adalah pentingnya kerjasama dari seluruh pihak. Saat ini Syngenta telah bekerjasama dengan pemerintah, petani, LSM, asosiasi internasional dan akademisi demi tercapainya komitmen The Good Growth Plan.

Parveen Kathuria, President Director Syngenta Indonesia mengungkapkan, “Melalui komitmen The Good Growth Plan, Syngenta ingin memberikan kontribusi yang nyata terutama terhadap peningkatan kesejahteraan petani Indonesia. Hanya sedikit orang dewasa di daerah pedesaan di negara berkembang yang memiliki akses ke pinjaman dari lembaga keuangan formal. Padahal, kemudahan akses finansial ini sangat penting sebagai modal para petani. Kemitraan diperlukan untuk meningkatkan akses ke pembiayaan mikro untuk meningkatkan produktivitas petani.”

Pada tahun 2014, program finansial-mikro dimulai dengan 198 petani jagung di Dompu dan Bima, Nusa Tenggara Barat. Program ini bekerjasama dengan Mercy Corps Indonesia, Bank Andara, dan BPR Akbar Pesisir di bawah kegiatan PISAgro (Partnership for Indonesia’s Sustainable Agriculture – Kemitraan untuk Pertanian Berkesinambungan Indonesia) bagi kelompok petani kecil jagung. Selain akses pembiayaan, petani juga dilatih dalam agronomi dan mendapatkan pelatihan literasi finansial. Program ini berhasil meningkatkan produktivitas sebesar 12% dan meningkatkan pendapatan petani sebesar 23%. Diharapkan di tahun 2017 proyek ini bisa mencapai 1.000 petani.

Selain kemudahan finansial, pada tahun 2014 Syngenta juga telah menjalankan kemitraan dengan DFAT/Prisma memberikan edukasi mengenai teknologi pembungaan awal kepada para petani mangga di Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat. Petani yang bergabung dengan program ini telah mampu meningkatkan produktivitas mereka dan meningkatkan pendapatan sebesar 34% karena mereka mampu menciptakan hubungan langsung ke pasar, dan dapat menjual mangga mereka dengan harga yang lebih stabil.

Deskripsi dari tiap-tiap komitmen global dan ikhtisar pencapaian yang diraih di tahun 2016 serta informasi lebih lanjut mengenai The Good Growth Plan dapat dilihat pada www.goodgrowthplan.com

Tentang Syngenta
Syngenta merupakan perusahaan terdepan di bidang pertanian yang memiliki misi untuk meningkatkan ketahanan pangan dunia dengan cara memungkinkan jutaan petani untuk memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia dengan lebih baik. Melalui ilmu pengetahuan kelas dunia dan solusi pertumbuhan tanaman yang inovatif, 28,000 pekerja kami di 90 negara berusaha mengubah cara tanaman tumbuh dengan baik. Kami berkomitmen untuk menyelamatkan lahan dari kerusakan, memperkaya keragaman hayati, dan merevatilisasi masyarakat perdesaan. diany