Beranda Sawit Sawit Jadi Mesin Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Sawit Jadi Mesin Pertumbuhan Ekonomi Nasional

BERBAGI
Ketua Umum GAPKI Joko Supriyono. (Bimo Agrofarm)

Agrofarm.co.id-Sustainability (keberlanjutan) akan menentukan daya saing minyak sawit Indonesia ke depan. Karena itu, kemitraan dengan petani menjadi sangat penting dan perlu dukungan lebih besar dari pemerintah.

Hal ini diungkapkan oleh Joko Supriyono Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Swit Indonesia (GAPKI) dalam acara 13th Indonesian Palm Oil Conference (IPOC) and 2018 Price Outlook di Bali Nusa Dua Convention Center, Kamis (2/11/2017).

Joko menambahkan, sawit semakin berperan penting dalam perekonomian nasional seperti ditunjukan sumbangan ekspor terbesar. Karena sawit semakin penting untuk ekonomi Indonesia, Joko berharap, pemerintah perlu memperkuat tata kelola industri sawit. “Sehigga bisa membuka jalan agar sawit makin diterima secara global,” ujar Joko.

Selain itu, tambahnya, pengembangan sektor kelapa sawit Indonesia harus selaras dengan SDGs (Sustainable developmwnt Goals). Apalagi, menurutnya, minyak sawit menjadi mesin pertumbuhan ekonomi. Karena itu, peran industri sawit menjadi sangat penting bagi Indonesia, ungkap Joko.

Meskipun diakuinya, tantangan saat ini negara-megara maju akan semakin protektif pasar dalam negerinya. Joko meminta untuk mempertahankan Indonesia sebagai market leader. “Maka itu, pemerintah perlu tingkatan ekspansi pasar sawit di luar negeri,” ujar Joko.

Joko berharap daya saing industri sawit dapat ditingkatkan dan perbaiki lewat kebijakan atau peraturan pemerintah. Utamnya kepasian dalam berinvestasi. Bantolo