Beranda Sawit PTKS 2017, Wahana Informasi dan Teknologi Sawit Terkini

PTKS 2017, Wahana Informasi dan Teknologi Sawit Terkini

BERBAGI
Pertemuan Teknis Kelapa Sawit (PTKS) di Kota Solo Baru. (Ist)

Agrofarm.co.id-Pertemuan Teknis Kelapa Sawit (PTKS) adalah kegiatan rutin dua tahunan yang diselenggarakan oleh Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS). PTKS ini merupakan kegiatan digunakan sebagai forum untuk berbagai informasi dan teknologi terkini di bidang perkelapasawitan.

Adapun pada tahun ini, PTKS 2017 diselenggarakan pada 18-20 Juli 2017 di Hotel Best Western Primer Solo Baru, Jawa Tengah. “Kota ini dipilih karena selain memiliki daya tarik budaya dan posisinya berada diantara Indonesia Timur dan Indonesia Barat. Sehingga diharapkan dapat menarik minat para pelaku usaha kelapa sawit,” kata Direktur PPKS, Hasril Hasan Siregar.

PTKS 2017 mengangkat tema “Kelapa Sawit dalam Genggaman: Inovasi Teknologi untuk Peremajaan dan Peningkatan Produktivitas”. Tema ini dipilih, menurutnya, sebagai respon dari semakin berkembangnya teknologi digital dewasa ini yang semakin mendorong tercapainya precission agriculture. “Sehingga diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pengelolaan kebun,” jelas Hasril.

Ada lima agenda besar dalam PTKS yakni : seminar, pameran industri kelapa sawit, klinik sawit, kompetisi jemparingan (kejuaraan panah tradisional) dengan tema sawit melestarikan tradisi serta fieldtrip dengan kegiatan utama expose industri hilir sawit dan tur di Kota Solo.

Dalam kegiatan seminar disampaikan makalah-makalah yang dibagi dalam 10 sesi. Pertama, Talkshow Masa Depan Sawit Indonesia. Kedua, sponsor talk. Ketiga, isu peremajaan tanaman kelapa sawit. keempat, Talkshow Ganoderma : Apa Kabar. Kelima, talkshow Melawan Bibit Illegitime. Keenam, peningkatan dan penggalian potensi produksi bahan tanaman unggul.

Ketujuh, perubahan iklim dan dampaknya terhadap tanaman kelapa sawit. kedelapan, penerapan best management practices (BMP) dari berbagai perspektif. Kesembilan, Talkshow Lahan Marginal, Siapa Takut. Sepuluh, Talkshow Kelapa Sawit dalam Genggaman.

Sementara itu, para pembicara yang menyampaikan materi mempunyai background sebagai pengambil kebijakan, lembaga pemerintah, profesional dan pengamat kelapa sawit, akdemisi, praktisi lapangan, perusahaan kelapa sawit serta petani diantaranya : Prof. Dr. Bungaran Saragih Menteri Pertanian periode 2001-2004, Mukti Sardjono Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Lingkungan, Sahat Sinaga Direktur Eksekutif GIMNI, Rusman Heriawan Ketua Dewan Pengawas Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS), Bayu Krisnamurthi Direktur BPDP-KS periode 2015-2017.

Kemudian Ahmad Haslan Saragih Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VI, Prof. Dr. Rizaldi Boer (IPB) dan pembicara berpengalaman lainnya dari petani dan asosiasi petani yakni Pahala Sibuea (SAMADE), Maryanto petani swadaya Bengkulu dan Heru Susanto KUD Teluk Panji.

Dalam PTKS ini, PPKS menggandeng beberapa sponsor. Pertama, sponsor diamond BPDP-KS. Kedua, sponsor platinum PT Saraswanti Anugerah Makmur, PT Sri Rejeki Fertilizer dan PT Bumitama Gunajaya Agro. Ketiga, sponsor silver : Valent Biosciences USA, PTPN III dan PTPN IV. Kemudian PT Astra Agro Lestasri sebagai sponsor fieldtrip dan PT Bank Mandiri menjadi sponsor jemparingan.

Sementara itu, PTKS tahun ini diikuti oleh 573 peserta dari berbagai perusahaan swasta, perusahaan negara, kalangan profesional, peneliti, pemerintah, petani swadaya dan akademisi. Beledug Bantolo