Beranda Perkebunan Produksi Benih Perkebunan dan Hortikultura, Kementan Siapkan Anggaran Rp 2,1 T

Produksi Benih Perkebunan dan Hortikultura, Kementan Siapkan Anggaran Rp 2,1 T

358
BERBAGI
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. (Ist).

Agrofarm.co.id – Kementerian Pertanian (Kementan) pada Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2018 fokus pada program perbenihan. Sudah dianggarkan sekitar Rp 2,1 Triliun untuk perbenihan komoditas hortikultura dan perkebunan.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, pihaknya sudah menetapkan tahun 2018 sebagai ‘tahun perbenihan’. “Kementan sudah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 2,1 triliun untuk perbenihan,” kata Amran usai acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pertanian (Musrembangtan) 2017 di Ruang Auditorium Kementan, Selasa (30/5/2017).

Dia menambahkan, jenis perbenihan difokuskan pada komoditas hortikultura dan perkebunan. “Untuk tahun 2018 tidak ada pengadaan benih tapi diubah menjadi produksi benih dan akan dibagikan secara gratis kepada masyarakat,” ujar Amran.

Guna mendukung tahun perbenihan tersebut, lanjut Amran, diperlukan perangkat pendukung yakni akan dibangun nursery atau infrastruktur benih. “Program itu kita fokuskan pada komoditas strategis yang berorientasi ekspor seperti lada, pala, cengkeh, kakao juga,” jelasnya.

Menurutnya, daaerah-daerah penghasil rempah seperti Maluku akan didorong untuk menghasilkan rempah-rempah kualitas ekspor.

“Seperti Maluku itu daerah rempah-rempah, itulah alasan kenapa Belanda datang. Sekarang kita angkat kembali, gali potensi itu,” tambahnya. Beledug Bantolo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here