Beranda Sawit Presiden Jokowi Minta Dukungan Denmark Lawan Kampanye Hitam Sawit

Presiden Jokowi Minta Dukungan Denmark Lawan Kampanye Hitam Sawit

BERBAGI
Presiden RI Joko Widodo. (Ist)

Agrofarm.co.id-Pemerintah Indonesia meminta dukungan Denmark melawan diskriminatif dan kampanye hitam terhadap kelapa sawit yang masih terus berlangsung di Eropa.

Hal itu diungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pertemuan bilateral dengan erdana Menteri (PM) Denmark, Lars Lkke Rasmussen di di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (28/11/2017).

Presiden Jokowi menyampaikan concern serius Indonesia mengenai tindakan diskriminatif dan kampanye hitam terhadap kelapa sawit yang masih terus berlangsung di Eropa.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Negara juga meminta dukungan Denmark terhadap negosiasi Indonesia dalam penyusunan perjanjian kerja sama komprehensif dengan Uni Eropa.

Selain itu, katanya, Indonesia dan Denmark sepakat untuk meningkatkan kerja sama di bidang maritim, antara lain kerja sama pemberantasan IUU Fishing dan dukungan Denmark terhadap Our Ocean Conference di Indonesia Tahun 2018.

Kemudian Indonesia dan Denmark juga sepakat meningkatkan kerja sama di bidang lingkungan hidup, antara lain melalui Environment Sport Program.

:Beberapa proyek kerja sama yang penting antara lain proyek pelestarian hutan harapan di Jambi, kerja sama di bidang lingkungan hidup antar universitas, dan kerja sama di bidang pengelolaan limbah dan manajemen air, dan manajemen pembuangan sampah di mana MoU-nya telah dipertukarkan tadi,” terang Jokowi.

Dia menambahkan, energi terbarukan juga menjadi pokok bahasan dalam pertemuan ini. Kerja sama akan difokuskan pada target jangka panjang, pemenuhan kebutuhan energi baru terbarukan dan konservasi energi, pengembangan kerja sama di energi baru merupakan salah satu prioritas.

Jokowi menyambut baik kenaikan signifikan investasi Denmark ke Indonesia sebesar 1.260% dengan iklim investasi di Indonesia yang semakin baik. Kita berharap kerja sama investasi semakin meningkat, ujarnya. Bantolo