Beranda Kelautan Potensi Indonesia Rajai Pasar Ikan Hias Dunia

Potensi Indonesia Rajai Pasar Ikan Hias Dunia

BERBAGI
Ikan arwarna super red/ist

Agrofarm.co.id-Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa Kemenko Maritim Agung Kuswandono menegaskan keyakinannya bahwa Indonesia siap merajai pasar ikan hias dunia bila pemerintah dan swasta bekerja sama dengan baik.

“Kita harus melihat industry ikan hias memerlukan penanganan khusus, mulai dari penangkaran, pembudidayaan, perizinan, hingga transportasi. Ikan hias diantar dalam keadaan hidup,” kata Agung dalam siaran persnya, Selasa (5/12/2017).

“Kita perlu angkat keunikan ikan-ikan endemic Indonesia. Tiap daerah perlu memamerkan kekayaan perikanan yang ada, baik ikan untuk dikonsumsi dan ikan-ikan hias. Ikan kita, sumber daya kita ini luar biasa. Saya yakin untuk Nusatic tahun depan kita akan membuka 4 hall, dua kali lebih luas dibanding tahun ini.”

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memaparkan bahwa ia telah mempelajari industry ikan hias, ia juga tidak terima kalau Indonesia masih kalah dari Singapura dalam industry ini. Kementerian Kelautan dan Perikanan siap membantu.

“KKP siap membantu. Apa yang diperlukan. Budidaya perlu didorong agar tidak tergantung supply dari alam. Kita juga tidak boleh menggunakan cara-cara destruktif. Kita hilangkan destructive fishing, jangan gunakan bius, jangan gunakan racun. Kita akan menyuplai ikan hias dengan cara yang baik bukan dengan cara yang melanggar aturan. Pemerintah membuat aturan, agar bisnis ini berjangka panjang,” jelas Susi.

Menteri Susi juga mengaku terkesan pada industri ini. Bisa berbisnis dengan keindahan, hobby yang menghasilkan uang, jadi silakan diteruskan, tapi dengan catatan tadi, jangan destruktif, ujar Susi. Bantolo