Beranda Sawit Penjualan London Sumatra Capai Rp3,8 T

Penjualan London Sumatra Capai Rp3,8 T

BERBAGI

Agrofarm.co.id – PT PP London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP) membukukan penjualan sekitar Rp3,8 triliun atau turun 8,2% pada 2016 dibandingkan dengan penjualan tahun lalu sebesar Rp4,2 triliun.

Berdasarkan laporan keuangan per Desember 2016 yang dipublikasikan Rabu (1/3/2017), penurunan penjualan tahun ini terutama disebabkan penurunan penjualan produk sawit dan karet yang disebabkan penurunan volume penjualan walaupun terjadi kenaikan harga jual rata-rata untuk kedua produk. Produk sawit masih menjadi kontributor utama pendapatan perseroan disusul oleh karet, benih bibit, dan produk lain seperti kakao dan teh.

Laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk pada tahun 2016 turun 4,7% menjadi sekitar Rp594 miliar dengan laba per saham mencapai Rp87 per saham akibat penurunan laba usaha serta penurunan pendapatan keuangan. Total aset mencapai Rp9,5triliun naik dari Rp8,8 triliun pada tahun 2015.

Lonsum tetap memiliki posisi keuangan yang sehat dengan posisi kas bersih dan memiliki kas dan setara kas sebesar Rp1,1 triliun. Pada tahun 2016, arus kas neto dari aktivitas operasi naik menjadi sekitar Rp1,1 triliun dari sekitar Rp849 milyar pada tahun 2015.

Benny Tjoeng, Presiden Direktur Lonsum mengatakan, kinerja Lonsum pada tahun 2016 memuaskan walaupun pada tahun ini industri sangat menantang bagi semua pelaku industri sawit. Walaupun ke depannya industri ini masih menantang.

“Kami yakin bahwa strategi kami yang berfokus pada pertumbuhan organik yang didorong posisi keuangan yang sehat akan mendorong kami untuk mencapai kinerja yang lebih baik,” ujar Benny. Beledug Bantolo