Beranda Sawit Pemerintah Percepat Program Replanting Sawit 30.000 Ha

Pemerintah Percepat Program Replanting Sawit 30.000 Ha

454
BERBAGI
Perkebunan kelapa sawit. (Ist)

Agrofarm.co.id-Pemerintah segera mempercepat kegiatan peremajaan (replanting) perkebunan kelapa sawit. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan produktivitas tanaman tersebut.

“Rencana kebijakan peremajaan kelapa sawit harus dilakukan. Makin lama kita mulai, bisa makin ruwet persoalannya,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dalam Rapat Koordinasi Pembahasan Replanting Karet dan Kelapa Sawit di kantornya, Senin (17/7/2017).

Hadir diantaranya Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofjan Djalil, Direktur Utama PT Riset Perkebunan Nusantara Teguh Wahyudi dan perwakilan pejabat kementerian/lembaga terkait.

Menurut Menko Perekonomian, untuk program replanting kelapa sawit akan dijalankan dengan menggandeng Kementerian Pertanian dan Badan Pengelolaan Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit. “Untuk peremajaan sawit kita akan lebih mengandalkan dari BPDP Sawit. Kalau ada mungkin dari Kementan,” katanya.

Sebagai langkah awal, peremajaan lahan kelapa sawit akan dilakukan sebanyak 30.000 hektar (ha). Sementara itu, sebagai tahap awal program peremajaan karet di tahun 2018, akan ditetapkan target penanaman seluas 15.000 hektar. Beledug Bantolo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here