Beranda Pertanian Pemerintah Akan Bangun 49 Waduk dan 30.000 Embung

Pemerintah Akan Bangun 49 Waduk dan 30.000 Embung

BERBAGI
Presiden Joko Widodo panen padi. (Ist).

Agrofarm.co.id –  Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan, pemerintah terus membangun infrastruktur pertanian, mulai dari waduk, embung, hingga irigasi sekunder dan tersier.  Tujuannya adalah adanya ketersediaan air yang memadai untuk pertanian.

“Pertanian itu kuncinya di air, kalau airnya enggak ada dari mana kita mau menanam?,” kata Presiden dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Senin (08/5/2017).

Menurutnya, sebanyak 49 waduk besar yang tersebar mulai dari Sabang sampai Merauke tengah dibangun pemerintah. “Banyak sekali, banyak sekali tapi yang paling banyak di Nusa Tenggara Timur  karena di situ sangat membutuhkan sekali,” ujarnya.

Presiden juga telah memerintahkan Menteri Pertanian dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi untuk membangun embung-embung kecil. “Target kita tahun ini 30 ribu embung harus jadi,” tegas Presiden.

Selain itu, Menteri Pertanian Amran Sulaiman pun menjanjikan pembangunan irigasi sekunder dan tersier akan tuntas tahun ini sebagaimana yang dijanjikannya pada 3 tahun yang lalu.

“Bagaimana masalah irigasi sekunder tersier? Menteri Pertanian menyampaikan sampai saat ini sudah mencapai 3 juta hektare, betul Pak Menteri? Saya belum menghitung, Pak Menteri sudah menghitung. Kalau kurang, awas,” jelas Presiden. Beledug Bantolo