Beranda Perkebunan Menteri BUMN Dorong Kopi Wamena Go Internasional

Menteri BUMN Dorong Kopi Wamena Go Internasional

BERBAGI
Menteri BUMN Rini Soemarno panen kopi di Papua/ist

Agrofarm.co.id-Dalam kunjungannya ke Puncak Jaya dan Wamena Propinsi Papua, Menteri BUMN Rini Soemarno melakukan peninjauan ke kebun milik Petani Kopi di Muliambut, Puncak Jaya dan di Wolo, Wamena sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap kesejahteraan dan peningkatan ekonomi para petani kopi.

Dalam program Bangga Menyeduh Kopi Papua, BUMN Hadir memberikan dukungan yang bertujuan untuk mendorong kesejahteraan petani kopi dimana kopi dari petani akan dibeli dengan kuantitas dan kualitas apapun agar masyarakat di pegunungan mendapatkan pembinaan dan pemberdayaan yang pada akhirnya akan mendorong pendapatan dan peningkatan taraf hidup kaum petani.

“Saya berharap dengan adanya program ini, Petani Kopi akan mendapatkan manfaat yang lebih baik dimana pendapatan petani bisa meningkat dan pada akhirnya kesejahteraan hidup Petani meningkat.”

“Petani tidak hanya diberdayakan, tetapi juga dibantu pemasarannya dimana kopi di Wamena atau di wilayah lain di Papua tidak hanya dipasarkan di pasar dalam negeri saja tetapi juga sampai menjangkau pasar ekspor,” ungkap Rini dalam siaran persnya, Selasa (21/11/2017).

Di distrik Wolo, PPI dan Pos Indonesia bersinergi memberikan bantuan kepada kelompok tani Wolo dan Jagara berupa mesin pengupas kulit buah kopi, 40 ember, 40 baskom, 32 terpal, alat ukur kadar air, 4 mesin jahit karung, chainsaw dan 4 mesin pemotong rumput dengan nilai mencapai Rp200 juta. Sementara Bank Mandiri dan Semen Indonesia bersinergi memberikan bantuan 1 unit mobil.

“Dengan sinergi antara Bank Mandiri, PPI, Pos Indonesia, kami berharap mampu meningkatkan kualitas kopi di Wamena. Kami berharap selanjutnya Kopi Wamena bisa menjadi kopi yang terkenal di pasar domestik dan pasar internasional. Dukungan pemerintah daerah dan sekitarnya sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan petani kopi di Wamena khususnya dan di Papua pada umumnya,” tegas Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Kartika Wiroatmodjo. Bantolo