Beranda Pertanian Mentan : Tidak Akan Buka Keran Impor Terhadap Komoditas Pangan Strategis

Mentan : Tidak Akan Buka Keran Impor Terhadap Komoditas Pangan Strategis

149
BERBAGI
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman panen jagung. (Ist)

Agrofarm.co.id Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengungkapkan, pihaknya tidak akan membuka keran impor terhadap komoditas beras, jagung, kedelai dan bawang merah.

Dia mengatakan, mnjelang hari Raya Idul Fitri harga stabil dan stok pangan aman. Stok beras aman hingga Januari 2018. Saat ini masih ada panen puncak di beberapa daerah. Untuk itu, dia meminta Bulog meningkatkan serapan padi sebanyak 10.000 ton per hari, dari sebelumnya hanya 5.000 ton per hari ujar Mentan usai acara Buka Bersama di kantornya, Senin (19/6/2017).

Dia menambahkan, komoditas jagung diperkirakan pada semester II tahun 2017 tidak akan impor. Termasuk komoditas pangan strategis padi, jagung dan kedelai dan bawang merah, ujar Mentan.

Menurutnya, pihaknya terus memantau terhadap komoditas pangan setiap hari. “Kita berdoa tidak ada (impor). Alhamdulillah karena kita bisa mengetahui tiga bulan sebelumnya, kita pantau tanaman harian. Jadi kita ketahui apa yang akan terjadi,” ujar dia.

Sementara itu, tgerkait jatuhnya harga bawang merah yang jatuh, pihaknya sudah berdiskusi dengan Bulog untuk menyerap produksi petani yang melimpah. Targetnya serapan bawang merah sekitar2.000 ton, terang Amran. Beledug Bantolo

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here