Beranda Pertanian Mentan Pastikan Pasokan Pangan Aman Hingga Lebaran

Mentan Pastikan Pasokan Pangan Aman Hingga Lebaran

116
BERBAGI
Foto :Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. (Ist)

Agrofarm.co.id –  Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman menngungkapkan, ketersediaan sejumlah pasokan pangan masih cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga akhir lebabaran mendatang.

Amran mengatakan, komoditas pangan seperti beras, bawang merah, cabai, daging sapi dan gula pasir masih aman. Dia menyebutkan, stok beras saat ini di atas 2 juta ton. Sementara untuk gula pasir sebanyak 360 ribu ton.

Selain itu, katanya,pasokan bawang merah melimpah sejak satu bulan lalu. “Bawang merah juga melimpah, bahkan kami terima surat dari lima provinsi di Indonesia, minta bawang merahnya diserap karena harga di tingkat petani jatuh, dulu Rp 40 ribu per kilogram (kg), sekarang jatuh Rp 11 ribu per kg di tingkat petani,” kata Amran.

Dia mengatakan, ada sejumlah daerah yang menjadi sentra bawang merah pasokannya melimpah. Antara lain seperti Brebes, Nganjuk, Solok, dan Bima.”Kami sudah minta Bulog untuk serap bawang merah,” jelasnya.

Dia menambahkan, untuk masalah harga pangan masih sesuai dengan acuan yang diberikan Kementerian Perdagangan melalui Harga Eceran Tertinggi (HET). Untuk itu, pemerintah akan terus mengawasi ketersediaan pasokan bahan pangan utama hingga akhir Ramadan. Tujuannya agar inflasi pada Juni diharapkan akan lebih terkendali. Beledug Bantolo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here