Beranda Pertanian Mentan Minta Kalsel Siapkan Lahan Jagung 200.000 Ha

Mentan Minta Kalsel Siapkan Lahan Jagung 200.000 Ha

BERBAGI
Benih jagung tidak impor/ist

Agrofarm.co.id-Menteri Pertanian (Menan) Andi Amran Sulaiman meminta Kalimantan Selatan (Kalsel) menyiapkan lahan jagung 200.000 hektare (ha).

Hal itu disampaikan Mentan saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) dan Evaluasi Upsus Pangan, di Kabupaten Banjar Baru, Kalimantan Selatan. Rakor dihadiri Gubernur Kalimantan Selatan, Pangdam Mulawarman yang diwakili Aster Kodam, seluruh Dandim dan jajaranya dan serta 13 Kepala Daerah se Kalimantan Selatan bersama Kepala Dinas terkait.

“Saya mengajak kita semua untuk fokus membangkitkan raksasa tidur di Kalsel yaitu lahan rawa lebak sama seperti di Sumatera Selatan (Sumsel) bila ini terwujud dalam 2 tahun. Saya yakin kita akan dapat memasok pangan untuk asia tenggara bahkan asia,” kata Mentan dalam siaran persnya, Rabu (15/11/2017).

Kementerian Pertanian, lanjutnya, menyiapkan semua alat yang dibutuhkan, sekarang ini ada 14 nanti 20 hingga 50 traktor besar. “Kita juga akan siapkan 20 eskavator besar, combine harvester nanti kita lihat, untuk rakyat semua bisa,” ujar Mentan.

Amran, juga meminta Pemda Kalsel menyiapkan lahan jagung 200.000 hektar, setara Rp 400 miliar, benih dan pupuknya.

Sementara itu Gubernur Kalimantan Selatan Shahbirin Noor, menegaskan kesiapan Kalimantan Selatan sebagai salah satu sentra pangan Kalimantan.

“Insya Allah Kalsel akan siap dan bekerja keras mewujudkan cita-cita bersama demi kehormatan bangsa dan negara, seperti yang dimintakan Menteri Pertanian untuk wujudkan Nawa Cita sektor Pertanian,” jelasnya. Bantolo