Beranda Imperium Masyarakat Pertanian Organik Indonesia (MAPORINA)

Masyarakat Pertanian Organik Indonesia (MAPORINA)

BERBAGI
dok.maporina

Agrofarm.co.id –MAPORINA (Masyarakat Pertanian Organik Indonesia atau Organic Farming Society of Indonesia) merupakan wadah organisasi profesi untuk menghimpun potensi berbagai pihak yang terkait dengan pertanian organik yang meliputi Birokrat, Akademisi, Petani, Pengusaha dan Masyarakat luas pemerhati masalah Pertanian di Indonesia. Keberadaan organisasi ini, untuk mensejahterakan rakyat, melestarikan lahan dan lingkungan melalui sistem pertanian.

Untuk melestarikan dan memulihkan sifat fisik, kimia dan biologi tanah dan lingkungan maka sistem budidaya pertanian harus berbasis kepada proses yang dapat menjaga kelestarian lahan dan lingkungan dalam jangka panjang sekaligus menghasilkan produk yang aman dan bermutu yaitu sistem pertanian organik.

Di lain pihak terdapat kecenderungan pada masyarakat dunia untuk hanya mengkonsumsi produk yang dianggap lebih aman dan menyehatkan serta ramah lingkungan. Pilihan mereka jatuh pada produk yang dihasilkan dari sistem pertanian organik yang dianggap bebas dari residu berbagai bahan kimia dan cemaran lainnya yang berbahaya.

Berbagai pihak, petani, produsen pupuk, birokrat, peneliti dan pengusaha di bidang pertanian sudah lama mendambakan agar Indonesia mampu memproduksi produk pertanian organik untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam maupun luar negeri. Untuk mendapatkan produk-produk pertanian yang dapat diterima di pasar internasional tersebut, sebenarnya masing-masing pihak telah berusaha mengimplementasikan sistem pertanian organik, namun gaungnya kurang terasa karena belum adanya keterpaduan sumberdaya dan upaya dalam mencapai pertanian organik Indonesia yang diakui baik secara nasional maupun internasional.

Agar penerapan sistem pertanian yang berkelanjutan, lestari berproduksi, aman lingkungan, dan produk-produk pertanian yang laku di pasar dunia lebih cepat terwujud, perlu dibentuk suatu wadah bertaraf nasional yaitu Masyarakat Pertanian Organik Indonesia yang menyatukan visi, misi, dan gerak langkah petani, birokrat, peneliti dan pengusaha untuk membangun pertanian nasionall yang lebih adil dan manusiawi demi kesejahteraan rakyat Indonesia.

MAPORINA, resmi berdiri tanggal 1 Februari 2000 di kota Malang dan ketika itu ditunjuk sebagai Ketua Umum adalah Bapak Prof. Dr. Karama Periode Tahun 2000 sd 2005. Eksistensi MAPORINA cukup diakui, karena kerap melakukan berbagai kegiatan Seminar, Workshop dan penelitian-penelitian dibidang pertanian organik.

Selain melestarikan lahan dan lingkungan melalui Sistem Pertanian Organik. MAPORINA juga memiliki tiga misi, pertama; Menghimpun potensi berbagai pihak terkait dengan pertanian organik meliputi birokrat/ pemerintahan, peneliti/pakar, pengusaha, organisasi kemasyarakatan dan petani, untuk mensukseskan program pembangunan pertanian pada umumnya, khususnya pertanian organik.

Kedua; Membina kerja sama yang saling menguntungkan di antara berbagai pihak yang terkait dengan pertanian organik. Dan, misi yang ketiga membantu pemerintah dalam menyelamatkan lahan dan mensukseskan pembangunan pertanian dalam rangka mensejahterakan masyarakat tani melalui sistem pertanian organik. Organisasi ini juga memiliki cabang di seluruh Indonesia, dan tetap melibatkan pejabat setempat sebagai dewan pembina. Irsa Fitri