Beranda Kehutanan KLHK Klaim Hotspot Turun

KLHK Klaim Hotspot Turun

70
BERBAGI
Tim Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan. (Ist)

Agrofarm.co.id-Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengklaim jumlah titik api (hotspot) kembali menurun berdasarkan pantauan Satelit NOAA pukul 20.00 WIB, Selasa (29/08/2017), yaitu sebanyak 9 titik, yang tersebar di Sulawesi Selatan (2 titik), Kalimantan Utara (4 titik), dan Kalimantan Timur (3 titik).

Sedangkan Satelit TERRA AQUA (NASA) (confidence level ?80%) mencatat 20 hotspot, dengan jumlah hotspot terbanyak di Nusa Tenggara Timur (9 titik), disusul Kalimantan Timur (7 titik), dan Kalimantan Utara serta Nusa Tenggara Barat, masing-masing 2 titik. Jumlah ini hanya selisih satu titik dengan yang ditunjukkan oleh Satelit TERRA AQUA (LAPAN) (confidence level ?80%), serta penyebaran lokasi yang sama.

“Pengecekan hotspot terus dilakukan, dan Manggala Agni segera melakukan pemadaman pada beberapa lokasi yang diketahui terjadi kebakaran, seperti di Riau, Jambi, Kalimantan Barat,” ujar Raffles B. Panjaitan, Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, KLHK dalam siaran persnya, Rabu (30/8/2017).

Sampai saat ini di tahun 2017, luas areal kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang telah ditangani oleh Manggala Agni yaitu seluas 6.585,38 hektare (ha), dengan konsentrasi terbesar di Sumatera Utara, Sumatera Selatan dan Aceh.

Penurunan jumlah hotspot sampai hari ini secara kumulatif, dibandingkan tahun sebelumnya, baik berdasarkan satelit NOAA (29,95%) dan Satelit Terra/Aqua (NASA) (confidence level ?80%) (70,74%), serta upaya pemadaman dini oleh Manggala Agni, turut mendukung terciptanya kualitas udara yang baik pada beberapa kota di provinsi rawan karhutla.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL), M.R. Karliansyah, menyampaikan bahwa, berdasarkan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU), sebanyak 18 kab/kota yang tersebar di Aceh, Riau, Jambi, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Barat, berada dalam kondisi baik. Beledug Bantolo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here