Beranda Kelautan KKP Diminta Fokus Perikanan Budidaya dan Swasembada Garam

KKP Diminta Fokus Perikanan Budidaya dan Swasembada Garam

37
BERBAGI
Produk perikanan Indonesia diminati konsumen Amerika Serikat (AS). (Ist)

Agrofarm.co.id-Anggota Komisi IV DPR RI Ichsan mendorong Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk tidak hanya fokus pada perikanan tangkap melainkan juga perikanan budidaya dan swasembada garam.

“Saya mendorong KKP untuk tidak hanya fokus pada perikanan tangkap saja, melainkan juga perikanan budidaya dan swasembada garam. Kalau bisa tahun 2018 swasembada garam, kenapa harus tunggu 2019,”ujar Ichsan dikutip, Kamis, (14/9/2017).

Menurutnya, sesuai dengan paparan yang disampaikan Menteri KKP dimana dalam indikator kinerja utama KKP tahun 2018 disebutkan rencana produksi perikanan budidaya sebesar 24,08 juta ton, sementara produksi perikanan tangkap hanya 9, 45 juta ton, sedangkan rencana produksi garam nasional sebesar 4,10 juta ton.

Ichsan juga meminta Komisi IV untuk tidak menyetujui terlebih dahulu pengajuan anggaran program bantuan kapal sebanyak kurang lebih 2 ribu di tahun 2018. Pasalnya, anggaran program bantuan kapal sebanyak 3500 pada tahun 2016 lalu dalam laporan BPK (Badan Pemeriksa Kuangan) mendapat status diclaimer.

“Kita jangan menyetujui dulu program bantuan kapal untuk tahun 2018 mendatang. Karena 3500 bantuan kapal di tahun 2016 kemarin saja terkena disclaimer oleh BPK. Kenapa tidak anggaran tersebut dialokasikan untuk program lain yang lebih efektif dan efisien, seperti program perikanan budidaya dan swasembada garam,” pungkas politisi dari fraksi partai Golkar ini. Beledug Bantolo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here