Beranda Pertanian Kekeringan, Jokowi Minta Antisipasi Ketersediaan Stok Pangan

Kekeringan, Jokowi Minta Antisipasi Ketersediaan Stok Pangan

BERBAGI
Musim kemarau/ist

Agrofarm.co.id-Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta semua menteri dan lembaga terkait melakukan antisipasi terhadap ketersediaan stok pangan dan kebakaran hutan lantaran saat ini sudah memasuki puncak musim kemarau.

Untuk itu, Presiden meminta semua menteri dan lembaga terkait serta para gubernur untuk betul-betul melihat kondisi-kondisi yang ada di lapangan, dan segera melakukan langkah-langkah penanggulangan bencana kekeringan ini.

“Langkah jangka pendek saya minta dipastikan untuk bantuan droping air bersih bagi masyarakat yang terkena dampak kekeringan,” pesan Presiden Jokowi, Selasa (12/9/2017).

Presiden meminta agar dicek juga terkait dengan suplai air untuk irigasi pertanian yang sangat dibutuhkan,terutama untuk mengairi lahan-lahan pertanian di daerah-daerah yang terdampak.

Dalam 2 tahun terakhir ini, lanjut Jokowi, pemerintah udah banyak membangun bendungan, waduk, dan embung-embung di desa-desa untuk mengantisipasi ini. Karena itu, Presiden berharap ini juga bisa membantu.

Jokowi juga meminta diantisipasi ketersediaan stok bahan pangan di beberapa daerah, sehingga tidak mengalami kelangkaan dan stabilisasi harga bisa terjaga.

“Sekali lagi saya titip pesan agar kita tidak lengah untuk mencegah dan mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan, khususnya di lahan-lahan gambut seperti pada tahun 2015,” tegas Presiden Jokowi. Beledug Bantolo