Beranda Sawit KEK Maloy Dorong Industri Olahan Sawit

KEK Maloy Dorong Industri Olahan Sawit

BERBAGI
Sawit merupakan industri strategis nasional/Ist

Agrofarm.co.id – Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Awang Faroek Ishak mengatakan, pembangunan sejumlah kawasan ekonomi khusus (KEK) di Kaltim, diyakini akan menjadi andalan menuju pertumbuhan ekonomi Kaltim masa depan.

Satu kawasan yang menjadi andalan Kaltim adalah KEK Maloy di Kutai Timur. Kawasan tersebut digadang-gadang menjadi area besar pengembangan industri hilir sektor perkebunan kelapa sawit dan produk-produk turunannya. Bukan hanya itu, KEK Maloy juga disiapkan menjadi kawasan industri batubara.

“Saya yakin KEK di Kaltim khususnya Maloy mampu mengangkat dan mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah. Sebab, berbagai industri dipastikan terbangun di kawasan itu,” kata Awang Faroek Ishak dikutip, Senin (15/5/2017).

Apalagi, di kawasan tersebut juga sedang dibangun pembangkit listrik serta pabrik ethanol. Begitu juga sarana infrastruktur jalan menuju kawasan ini sudah dibangun. Maloy akan menjadi ikon ekonomi Kaltim masa depan.

Melalui pengembangan KEK tersebut, produksi kelapa sawit yang menghasilkan crude palm oil (CPO) maupun turunannya hingga batubara tidak lagi diekspor, melainkan diolah terlebih dulu di kawasan tersebut melalui industri yang dibangun.

“Sekitar 1,3 juta hektar lahan kelapa sawit yang tersebar di Kaltim. Diharapkan produksinya dapat diolah di kawasan tersebut. Begitu juga batubara dapat diolah terlebih dulu, baru bisa diekspor. Apalagi, kita sangat bersyukur, karena pengembangan industri di Kaltim mendapat dukungan dari pemerintah pusat, sehingga pemprov terus berupaya membangun kawasan tersebut. Inilah transformasi ekonomi Kaltim,” jelas Awang. Beledug Bantolo