Beranda Sawit Kebun Bibit Buah Desa Bukit Batu Jadi Sentra Agribisnis

Kebun Bibit Buah Desa Bukit Batu Jadi Sentra Agribisnis

91
BERBAGI
Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran kunjungi kebun bibit buah Desa Bukit Batu/ist

Agrofarm.co.id- Kebun bibit buah-buahan Desa Bukit Batu Kecamatan Cempaga Hulu yang merupakan wilayah binaan CSR PT Windu Nabatindo Lestari (BGA Group) dikunjungi oleh Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran beserta jajaran Kepala Dinas terkait seperti Diinas Tanaman Pangan, Dinas Kehutanan dan lainnya di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Kunjungan tersebut merupakan rangkaian kegiatan dari perayaan Hari Ketahanan Pangan Sedunia (HPS) tingkat provinsi yang berlangsung selama 3 hari ke depan sejak dimulai hari ini 8 Oktober 2017. Kebun bibit buah-buahan tersebut dinilai cukup berhasil dalam menerapkan pertanian berbasis teknologi Hortikultura oleh Dinas Tanaman Pangan setempat ketika dilakukan kajian survei awal.

“Lokasi agribisnis (kebun buah-buahan dan bibit) ini merupakan wadah untuk masyarakat dalam mempelajari pertanian hortikultura. Tersedia gazeebo dan perpustakaan agribisnis sederhana dari BGA Group untuk digunakan sebagai sarana meningkatkan pengetahuan di bidang hortikultura ini. Semoga kebun buah-buahan dan bibit ini bermanfaat bagi masyarakat setempat,” ujar Zainal Mustofa selaku Head of Corp Affair BGA Wilayah Kalteng dalam siaran persnya, Minggu (8/10/2017).

Selain itu, kebun ini juga menjadi sarana bagi siswa dan siswi SMK Pertanian di Kecamatan Pundu untuk magang maupun praktik bertani buah-buahan.

Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk pengenalan di bidang teknologi yang terkait dengan sektor swasta dengan menampilkan display teknologi bidang hortikultura dalam rangka upaya perwujudan ketahanan pangan yang berada di Desa Pundu Kecamatan Cempaga Hulu Kabupaten Kotim.

Kegiatan HPS tersebut dipusatkan di Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pelaksanaan Hari Pangan Sedunia Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2017 di Kabupaten Kotawaringin Timur melibatkan semua stakeholder dan CSR perusahaan yang ada di Kabupaten Kotim dengan tujuan : Pertama, sebagai salah satu upaya dalam mengatasi ketergantungan buah dari Pulau Jawa dan sekitarnya.

Kedua, memberikan alternative pendapatan bagi masyarakat kelompok tani setempat selain kelapa sawit. ketiga, menjadi sarana masyarakat kelompok tani setempat untuk mempelajari horti farm. Keempat, meningkatkan gizi masyarakat melalui konsumsi buah-buahan.

Selain Desa Bukit Batu, ada lokasi agribisnis lain yang juga dikunjungi oleh Gubernur Kalteng yaitu; Desar Parit Kec. Cempaga Hulu yang dikelola oleh PT TASK, Kawasan Kebun Raya Jl. Jend.Sudirman KM.29 yang nantinya akan dikelola oleh PT Agro Bukit dan aKecamatan Mentaya Hilir yang dikelola oleh PT Menteng.

Acara puncak Peringatan Hari Pangan Sedunia ke 37 Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2017 akan dilaksanakan pada tanggal 11 Oktober 2017. Sedangkan Pameran dan Bazar dilaksanakan pada tanggal 10 s/d 11 Oktober 2017 (dilaksanakan H-2 sebelum sampai acara puncak) dan dilaksanakan di Kota Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur dengan tema Sukseskan Program Kalteng Berdaulat Pangan, Untuk Menuju Kalimantan Tengah BERKAH”. Beledug Bantolo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here