Beranda Pertanian Kabupaten Lamongan Optimis Swasembada Tercapai

Kabupaten Lamongan Optimis Swasembada Tercapai

BERBAGI
Panen padi di Kabupaten Lamongan/bimo

Agrofarm.co.id-Program pemerintah untuk swasembada pangan nampaknya cukup berhasil. Diberbagai daerah khususnya Jawa, hasil panen petani cukup melimpah. Terlebih bantuan benih berkualitas yang diberikan kepada petani, membuat produktifitas padi meningkat.

Seperti di Desa Bulutigo, Kecamatan Laren, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, yang terdapat 100 hektare (ha) sawah. Di desa ini panen padi hasilnya cukup baik.

Walau hama tikus menjadi salah satu kendala, namun petani didesa ini punya cara yang cukup ampuh untuk mengusirnya.

Sugeng, Ketua Kelompok Tani Mulyo, Desa Bulutigo mengatakan, panen didesanya cukup bagus dan harganya pun tinggi. Peran pemerintah lewat Kementrian Pertanian cukup membantu para petani. Sugeng pun yakin jika hasil panen tetap seperti ini, maka program swasembada pangan akan berhasil.

Slamet Komandan Rayon MIliter (Danramil) Kecamatan Laren mengatakan, walau hasilnya kurang namun cukup bagus, produktifitasnya untuk desa Bulutigo sekitar 6 ton per ha. “Beda dengan kecamatan Maduran, saat ini produktifitasnya sekirat 7 sampai 8 tpn per ha,” terangnya.

Karmuji Plt Unit Kepala Unit Pelasana Teknis Dinas Tanaman Pangan Hortikilturan dan Perkebunan Kecamatan Maduran mengatakan, di kecamatan ini ada 2144 hektare sawah, dan produktifitasnya cukup bagus. “Hasil panen cukup bagus, 1 hektar 7 ton, ada yang lebih juga,” ungkapnya.

Dia dan kelompok tani di Kecamatan Maduran yakin Swasembada akan terwujud, khususnya di Lamongan. Bimo