Beranda Pertanian Jokowi Sindir Lulusan IPB Banyak Bekerja di Bank

Jokowi Sindir Lulusan IPB Banyak Bekerja di Bank

81
BERBAGI
Presiden Jokowi Widodo dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman. (Ist)

Agrofarm.co.id-Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyindir banyaknya lulusan Institut Pertanian Bogor (IPB) yang bekerja di bank . Presiden mengaku sudan mencek, ternyata direksi- direksi perbankan itu yang banyak dari IPB, manajer-manajer yang banyak berasal dari IPB.

“Terus yang ingin jadi petani siapa? Ini pertanyaan yang harus dijawab oleh mahasiswa mahasiswa,” kata Presiden seraya menambahkan, dirinya harus menyampaikan apa adanya karena data itu yang diperolehnya.

Dia menjelaskan, bahwa nilai tukar petani itu merupakan hal yang sangat fundamental. Petani, kata Presiden, harus mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dari dia melakukan penanaman pertanian. Tetapi diingatkan Presiden Jokowi, titiknya untuk mendapatkan keuntungan itu sebetulnya tidak ada disitu.

Yang lama tidak kita sadari, lanjut Presiden, bahwa keuntungan yang besar itu ada di proses bisnisnya, proses agrobisnisnya. “Inilah yang harus kita rubah besar-besaran, kuncinya bagaimana mengkonsolidasikan petani agar memiliki skala yang besar. Skala ekonomi yang besar,” tutur Jokowi dilansir dari laman Sekretariat Kabinet, Rabu (6/9/2017).

Artinya, tegas Jokowi, kita harus mengkoperasikan petani, mengkooperasikan nelayan, mengkooperasikan peternak peternak kita. “Mereka harus diajak kesana, tidak bisa bisa kita biarkan mereka bekerja satu persatu seperempat hektar, engga mungkin sampai kapan pun,” tegasnya.

Menurutnya, harus mulai ada pemikiran-pemikiran besar. Paradigma itu dirubah total, petani harus memiliki hulu sampai hilir.

“Proses itu harus kita siapkan. Korporasi itu harus kita siapkan,” kata Presiden seraya menambahkan, dirinya memiliki keyakinan, IPB memiliki kemampuan untuk menyiapkan petani-petani kita ke arah itu.

Untuk itu, menurut Presiden, kita membutuhkan mahasiswa-mahasiswa dengan pemikiran pemikiran modern yang mau terjun ke lapangan untuk bekerja di sawah, di pertanian.

Jokowi meminta mahasiswa-mahasiswa IPB untuk mengajari petani kita agar bisa mengarah ke sana. Ia menegaskan, tidak mungkin nilai tukar petani itu naik, tidak mungkin nilai tukar nelayan itu naik kalau petani tidak dikooperasikan. “Peternak itu kita koorperasikan, nelayan itu kita kooperasikan. Dari hulu sampai hilir mereka punya,” tutur Jokowi. Beledug Bantolo

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here