Beranda Pertanian Jokowi Dorong Gorontalo Fokus Kembangkan Pertanian dan Perikanan

Jokowi Dorong Gorontalo Fokus Kembangkan Pertanian dan Perikanan

126
BERBAGI
Presiden Joko Widodo. (Ist)

Agrofarm.co.id –  Untuk mengurangi angka kemiskinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Provinsi Gorontalo bisa fokus untuk pengembangan sektor pertanian, sektor perikanan, dan sektor kehutanan, yang saat ini bukan saja telah menjadi motor pertumbuhan ekonomi di Gorontalo, sekaligus juga memberikan kontribusi yang besar bagi penyerapan tenaga kerja.

“Saya juga melihat Gorontalo memiliki sentra-sentra produksi komoditas unggulan di sektor pertanian, mulai dari padi, jagung, kelapa, kopra, kakao, dan juga tebu,” kata Jokowi dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Rabu (06/6/2017).

Meskipun diakuinya, Provinsi Gorontalo mampu tumbuh dengan cepat, di mana pada tahun 2016 angka pertumbuhan ekonominya mencapai 6,52%, lebih tinggi dari angka pertumbuhan ekonomi nasional.

Namun Presiden mengingatkan, bahwa pertumbuhan ekonomi yang tinggi belum cukup, karena sesuai data yang dimilikinya menunjukkan persentase penduduk miskin di Provinsi Gorontalo masih besar yaitu 17,63%, masih lebih tinggi dari persentase penduduk miskin nasional.

Presiden juga menekankan perlunya memberikan perhatian khusus pada upaya penciptaan nilai tambah dengan mengembangkan industri pengolahan berbasis pertanian dan perikanan.

Untuk itu, Presiden meminta agar pembangunan infrastruktur penunjang bagi hilirisasi industri segera disiapkan, seperti infrastruktur transportasi, gudang-gudang logistik yang dilengkapi dengan cold storage, dan juga sumber energi, dan penyediaan air bersih yang perlu dipercepat. Beledug Bantolo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here