Beranda Industri & Keuangan Jokowi Ajak Perusahaan Perkebunan dan Tambang Melantai di Bursa Efek

Jokowi Ajak Perusahaan Perkebunan dan Tambang Melantai di Bursa Efek

BERBAGI
Presiden Joko Widodo. (Ist)

Agrofarm.co.id-Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan ke Bursa Efek Indonesia mengaku telah mengajak para pengusaha asing yang memiliki perusahaan di dalam negeri dapat mendaftarkan diri sebagai pelaku pasar di BEI.

Kita ini mengajak, kita tidak memaksa, kita mengajak baik-baik karena produksinya di Indonesia, berkebunnya di Indonesia, masa listing-nya di luar? ujarnya dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Rabu (057/2017).

Presiden juga mendorong dilakukannya penjualan saham umum perdana (initial public offering) atau IPO) oleh anak-anak perusahaan BUMN.

Kita mendorong terutama anak-anak perusahaan BUMN agar juga bisa segera listing (pencatatan saham) karena kita butuh pembiayaan yang besar untuk membangun infrasktruktur, tidak mungkin semuanya dilakukan dengan peminjaman, jelas Jokowi.

Dalam kunjungan itu, Presiden juga mengapresiasi meningkatnya nilai Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) BEI. Indeks harga saham gabungan kita ini kan tembus ke 5.900, meski yang namanya bisa naik dan bisa turun, tapi artinya apa? Pasar menilai negara kita, Indonesia ini, memiliki prospek yang bagus untuk berinvestasi, tutur Presiden.

Saat dikunjungi Jokowi, IHSG BEI pada Senin (3/7) ditutup naik 80,52 poin atau 1,38 persen menjadi 5.910,23 poin sedangkan pada Selasa lalu, IHSG dibuka turun 23,51 poin atau 0,40 persen menjadi 5.886,72 poin. Beledug Bantolo