Beranda Pertanian Jelang Lebaran, Badan Karantina Pertanian Tingkatkan Layanan 24 Jam Selama 7 Hari

Jelang Lebaran, Badan Karantina Pertanian Tingkatkan Layanan 24 Jam Selama 7 Hari

BERBAGI
Kepala Badan Karantina Pertanian Banun Harpini. (ist)

Agrofarm.co.id – Kepala Badan Karantina Pertanian, Banun Harpini mengungkapkan, pihaknya akan melakukan peningkatan pelayanan karantina pertanian di pintu pemasukan dan pengeluaran seluruh Indonesia.

Banun mengatakan, layanan 24 jam selama 7 hari telah dioptimalkan dan  akan terus dipantau untuk pastikan arus komoditas dan kebutuhan masyarakat yang meningkat selama bulan ramadhan dan jelang lebaran berjalan aman dan lancar.

“Hal ini dilakukan  untuk memberikan layanan publik terbaik kepada masyarakat dan tentunya diperlukan kesiapan lembaga publik, temasuk Badan Karantina Pertanian dalam menjaga kesehatan produk pertanian,” ujar Banun di Kantor Pusat Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta, Kamis (8/6/2017).

Dia menambahkan, selain mengoptimalkan layanan 24 jam selama 7 hari, juga telah dipersiapkan sebagai kesiapsiagaan selama ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri diantaranya, pengaduan terhadap layanan dapat disampaikan pada semua akun medsos barantan sebagai upaya merespon cepat kebutuhan informasi dan keluhan pelayanan.

Kemudian operasi bersama kepolisian dan instansi terkait dilakukan pada titik-titik rawan penyelundupan pangan. “Sebanyak 47 Kode HS (Harmonize System) Karantina Pertanian telah dihapus dari Daftar Barang Larangan dan/Pembatasan pada Portal INSW. Hal ini dilakukan Barantan dalam rangka peningkatan kelancaran arus barang dan akselerasi ekspor produk pertanian Indonesia,” jeasnya.

Menurutnya, setiap komoditas pertanian, hewan dan tumbuhan beserta produknya yang dikirim atau dilalulintaskan antar negara maupun antar area di Indonesia melalui pengawasan karantina pertanian. Untuk memastikan komoditas tersebut sehat, aman dan layak untuk kesehatan hewan dan tumbuhan serta manusia.

“Dalam beberapa hari terakhir karantina pertanian mencatat telah melakukan beberapa kali upaya pencegahan lalu lintas komoditas pertanian. Selain itu upaya pencegahan penyelundupan satwa juga berhasil dilakukan,” katanya.

Banun dalam momentum bulan bakti karantina pertanian ke-140, ia dan jajarannya mengajak semua pihak untuk bersama melindungi kelestarian keanekaragaman hayati Indonesia. Beledug Bantolo