Indonesia dan Nauru Sepakat Kerja Sama Bidang Maritim

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Presiden Republik Nauru, Baron Divavesi Waqa/ist

Agrofarm.co.id-Pemerintah Indonesia dan Republik Nauru sepakat melakukan kerjasama dalam bidang maritime. Kesepakatan itu lahir pasca pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Presiden Republik Nauru, Baron Divavesi Waqa, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, karena Nauru ini adalah negara kepulauan kecil, climate change menjadi masalah yang sangat menantang. “Tantangan utama termasuk di bidang climate change terutama naiknya level air laut,” kata Retno dikutip Jumat (8/12/2017).

Menurutnya, Indonesia ini adalah negara kepulauan, 17.000 pulaunya, dan ribuan pulaunya adalah pulau-pulau kecil. Karena itu, kepentingan negara kecil di Pasifik juga merupakan kepentingan Indonesia.

Buat negara-negara kecil di Pasifik, lanjut Menlu, masalah climate change itu adalah isu survival, karena kalau air laut terus naik ke atas, maka mereka, pulau-pulaunya, akan tenggelam. “Oleh karena itu, kita tunjukkan keberpihakan kita terhadap kepentingan negara-negara kepulauan kecil,” ujarnya.

Mengenai maritim dan isu fisheries, menurut Retno, yang dibahas adalah mengenai IUU (illegal, unreported, and unregulated) fishing dan marine resources management. Ia mengemukakan, bahwa Presiden Jokowi menyampaikan bahwa kita akan membantu dalam bentuk capacity building untuk 2 isu tersebut. Bantolo

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*