Beranda Sawit Hingga Juni, Produksi CPO Capai 18,15 Juta ton

Hingga Juni, Produksi CPO Capai 18,15 Juta ton

BERBAGI
Minyak kelapa sawit (CPO). (Ist)

Agrofarm.co.id-Produksi minyak sawit mentah (CPO) pada semester I 2017 meningkat 18,6% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) mencatat produksi minyak sawit Indonesia pada semester pertama 2017 telah mencapai 18,15 juta ton. Angka ini menunjukkan pertumbuhan 18,6% dibandingkan dengan produksi tahun lalu pada periode yang sama 15,30 juta ton.

“Produksi semester pertama 2017 ini masih dipengaruhi oleh El Nino tahun lalu sehingga tidak maksimal,” kata Fadhil Hasan Direktur Eksekutif GAPKI, Rabu (23/8/2017).

Dia menyebutkan, produksi minyak sawit Indonesia pada Juni ini masih stagnan dan cenderung sedikit menurun. “Produksi pada Juni ini hanya mampu mencapai 3,327 juta ton atau sekitar 3 ribu ton dibandingkan produksi Mei lalu yang mencapai 3,33 juta ton,” tambahnya.

Selain itu, berdasarkan hasil survei yang diselenggarakan, stok fisik minyak sawit Indonesia di tangki-tangki timbun perusahaan cukup banyak, sehingga perlu diadakan penyesuaian data stok. “Pada enam bulan pertama 2017, stok minyak sawit Indonesia mencapai 2,325 juta ton yang sudah termasuk angka penyesuaian sebesar 1,5 juta ton,” jelas Fadhil.

Dari sisi harga, sepanjang semester pertama 2017 harga bergerak di kisaran USD 650 USD 827.50 per metrik ton. Harga pada Januari cukup menjanjikan dengan rata-rata USD 805.7 per ton.

“Harga ini terus tergerus seiring dengan lesunya ekonomi global yang menyebabkan lesunya permintaan dan melimpahnya produksi minyak nabati lain yang menyebabkan harga menjadi murah,” katanya.

Dia menambahkan, lesunya pasar minyak sawit global dipengaruhi oleh melimpahnya produksi minyak nabati lainnya seperti kedelai dan rapeseed. Melimpahnya produksi membuat harga kedelai dan rapeseed turun, sehingga minyak sawit yang bukan merupakan minyak nabati utama di Eropa, Amerika dan China bukan menjadi pilihan utama. Beledug Bantolo