Beranda Kehutanan Hari Orangutan Sedunia, Menteri Siti Komit Lindungi Kawasan Hutan

Hari Orangutan Sedunia, Menteri Siti Komit Lindungi Kawasan Hutan

85
BERBAGI
Orangutan. (ist)

Agrofarm.co.id-Merayakan Hari Orangutan Sedunia yang diperingati setiap 19 Agustus, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) berkomitmen terus melindungi kawasan hutan yang menjadi tempat habitat orangutan dan satwa lindung lainnya.

Orangutan merupakan satwa endemik Indonesia yang secara umum terbagi dalam dua spesies yaitu Pongo pygmaeus yang tersebar di Pulau Kalimantan dan Pongo abelii alias orangutan Sumatera.

Menteri LHK, Siti Nurbaya mengingatkan seluruh masyarakat bahwa hutan dan segala isinya merupakan aset yang tak ternilai harganya. “Bukan saja bagi kita di Indonesia, namun juga bagi seluruh umat manusia,” ujar Siti dalam keterangan resminya, Minggu (20/18/2017).

Dia menambahkan, hutan yang berkualitas mendukung kehidupan seluruh mahluk hidup termasuk manusia. “Oleh karena itu, saya beserta jajaran di Kementerian LHK selalu berusaha sekeras mungkin menjaga aset ini, jelas Siti Nurbaya.

Pemerintah sadar bahwa upaya pelestarian ini tidak bisa dilaksanakan secara parsial dan sendiri-sendiri. Pemerintah pusat dan daerah, masyarakat, kelompok masyarakat, pelaku bisnis, dan organisasi baik terkait lingkungan maupun kemasyarakatan, adalah para pemangku kepentingan.

“Mari kita bekerja sama bergandeng tangan untuk mewujudkan hutan yang lestari dan keanekaragaman hayati yang terjaga baik, demi anak cucu kita kelak,” ajak Siti Nurbaya. Beledug Bantolo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here