Beranda Sawit Gempur Eropa, Indonesia-Malaysia Perkuat Sawit Berkelanjutan

Gempur Eropa, Indonesia-Malaysia Perkuat Sawit Berkelanjutan

102
BERBAGI

Agrofarm.co.id-Dato’ Sri Mustapa Mohamed, Menteri Perdagangan Internasional dan Industri, Malaysia dan Enggartiasto Lukita, Menteri Perdagangan, Indonesia telah bertemu di Kuching, Sarawak, Malaysia pada 13 Juli 2017 pada pertemuan The 3rd MalaysiaIndonesia Joint Trade and Investment Committee (JTIC). Salah satu isu yang dibahas adalah Resolusi Uni Eropa (UE) tentang minyak sawit dan deforestasi hutan tropis.

Kedua negara, Malaysia dan Indonesia mengungkapkan kekecewaan mendalam atas perlakuan tidak adil oleh UE mengenai minyak sawit, dengan mendukung minyak nabati lainnya dan komoditas yang padahal juga berkontribusi secara signifikan terhadap deforestasi.

“Resolusi Uni Eropa ini serta praktek pelabelan yang tidak adil oleh sektor swasta di UE akan berdampak negatif tidak hanya ekspor minyak sawit dari Malaysia dan Indonesia ke pasar UE, namun juga mata pencaharian dari jutaan petani kecil,” kata Dato’ Sri Mustapa.

Malaysia dan Indonesia akan bekerja sama melalui Dewan NegaraNegara Penghasil Minyak sawit/The Council of Palm Oil Producing Countries (CPOPC). Malaysia dan Indonesia direncanakan bertemu pada akhir bulan Juli 2017 untuk membahas dan mengoordinasikan isu-isu yang berkaitan dengan minyak sawit, termasuk misi bersama CPOPC ke Eropa dalam rangka pendekatan dengan pihak-pihak terkait dan pemangku kepentingan.

Selanjutnya, Malaysia dan Indonesia akan mempertimbangkan untuk membawa isu ini ke Organisasi Perdagangan Dunia/World Trade Organization (WTO), jika resolusi itu tidak mendapat tanggapan. Diany

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here