Beranda Pertanian DuPont Sepakat Divestasi Sebagian Bisnisnya ke FMC

DuPont Sepakat Divestasi Sebagian Bisnisnya ke FMC

BERBAGI
Foto : Kantor Dupont. (Ist)

Agrofarm.co.id –   DuPont mengumumkan telah mencapai kesepakatan dengan FMC Corporation (FMC) untuk mendivestasikan sebagian dari bisnis Crop Protection milik DuPont. Transaksi ini mencakup pertimbangan bagi DuPont senilai USD 1,6 miliar untuk merefleksikan perbedaan nilai dari asetnya, termasuk kas sebesar USD 1,2 miliar dan modal kerja USD 425 juta. Divestasi ini akan memenuhi komitmen DuPont kepada Komisi Eropa sehubungan dengan persetujuan bersyarat atas merger dengan Dow.

“Kami percaya bahwa kesepakatan ini adalah hasil yang sangat baik yang mewakili kepentingan semua pemangku kepentingan, termasuk para pemegang saham, pelanggan dan karyawan,” ujar Edward D. Breen, chairman dan chief executive officer DuPont dalam keterangan resminya, Rabu (5/4/2017).

“Perusahaan yang bergerak di bidang pertanian kami rencanakan akan terus memberikan manfaat dari kekuatan gabungan dan saling melengkapi kekuatan DuPont dengan Dow. Mencakup rangkaian penawaran yang jauh lebih luas serta rangkaian rencana bisnis yang kuat diseluruh bidang germplasma bibit atau seed germplasm, biotech traits, dan crop protection untuk menyediakan pilihan lebih luas lagi untuk menyediakan pilihan dan inovasi kepada petani di seluruh dunia.

Di saat yang bersamaan, lanjutnya, secara signifikan terus melakukan peningkatan-peningkatan kemampuan dalam bidang nutrisi dan kesehatan, yang merupakan bagian kunci dari pertumbuhan dan kesempatan untuk perusahaan specialty products yang independen dan akan terbentuk kemudian.

“Kesepakatan dengan FMC ini saling menguntungkan kedua belah pihak. Perjanjian ini juga berpihak pada persaingan usaha; memajukan proses persetujuan regulator, dan menjaga logika strategis dan pembentukan nilai potensial dari merger yang kami lakukan dengan Dow dan tiga perusahaan independen yang kami rencanakan untuk dibentuk,” ungkap Breen.

Dia berharap, transaksi merger ini untuk menimbulkan sinergi biaya bernilai sekitar USD 3 miliar dan sinergi pertumbuhan senilai USD 1 miliar.

Divestasi Sejumlah Aset Crop Protection Milik DuPont

FMC akan mengakuisisi portofolio herbisida untuk Cereal Broadleaf dan insektisida untuk hama pengunyah (Chewing Insecticides) – termasuk Rynaxypyr®, Cyazypyr® dan Indoxacarb. Selain itu, FMC akan mengakuisisi rangkaian rencana bisnis strategis dan organisasi yang dimiliki DuPont dalam riset dan pengembangan Crop Protection, namun tidak termasuk seed treatment, nematisida (nematicides), dan program-program R&D yang berada pada tahap akhir yang akan terus dikembangkan dan perkenalkan pada pasar.

Namun tidak termasuk personil yang dibutuhkan untuk mendukung produk-produk yang sudah dipasarkan dan program-program R&D yang kedepannya akan terus berada di DuPont. Nilai penjualan dari aset yang didivestasikan pada tahun 2016 berkisar USD 1.4 miliar.

Setelah divestasi, divisi Agrikultur dari perusahaan hasil merger akan memiliki aset crop protection termasuk portofolio yang bagus dalam pengendalian broadleaf jagung dan kedelai serta pengendalian rumput, juga portofolio yang kuat dalam pengendalian cereal weed, posisi DuPont yang kuat dalam pasar pengendalian penyakit (disease control), dan portofolio Dow AgroScience yang memimpin pasar insektisida.

Dengan kekuatan dalam bidang riset dan pengembangan yang terjaga, gabungan divisi Agrikultur yang terbentuk akan mempunyai posisi strategis untuk mempercepat pertumbuhan dengan memanfaatkan pipeline yang kuat, baik dalam bidang usaha benih maupun perkimiaan untuk melayani para petani di seluruh dunia dengan menyediakan portfolio solusi yang beragam, pilihan yang luas, dan harga yang kompetitif.

Akuisisi Bisnis Kesehatan & Nutrisi FMC

Sebagai bagian dari perjanjian transaksi, DuPont akan mengakuisisi bisnis dan nutrisi FMC, yang telah membukukan penjualan senilai lebih dari USD 700 juta pada tahun 2016 dari dua segmen utama: bahan texturant untuk bahan makanan dan excipient farmasi.

Bisnis ini sangat menunjang bisnis Nutrisi & Kesehatan (N&H) yang dimiliki DuPont dengan peluang sinergi untuk pertumbuhan. Dengan mengintegrasikan bisnis Kesehatan & Nutrisi milik FMC, DuPont akan memperkuat kemampuannya dalam bidang N&H dengan jenis penawaran yang lebih luas dan cakupan pasar yang lebih luas pula.

Bisnis N&H DuPont memimpin dalam industri bahan makanan, menggunakan bahan-bahan baku dari sumber-sumber yang terbarukan untuk menciptakan rangkaian bahan-bahan baku makanan yang beragam yang kemudian menjadi bahan baku bagi para produsen makanan untuk membuat makanan dan minuman yang lebih aman, lebih sehat, lebih terjangkau harganya dan bernilai gizi untuk para konsumen. Transaksi ini memperkuat akses bagi DuPont kepada bahan-bahan kunci untuk portofolio systems and food texturant, yang memungkinkan bisnis tersebut untuk berekspansi ke ceruk pharma excipients yang tumbuh pesat, dan memberikan akses pasar melalui rute-rute baru dan komplementer.

Dengan demikian, DuPont N&H akan berada dalam posisi lebih kuat untuk mendorong pertumbuhan, berinvestasi dalam riset dan pengembangan, serta menyediakan lebih banyak produk dan solusi bagi pada konsumennya di seluruh dunia.

Transaksi dengan FMC ini diharapkan diselesaikan pada kuartal keempat tahun 2017, setelah terlaksananya penyelesaian merger DuPont dan Dow, selain terpenuhinya kewajiban-kewajiban penyelesaian merger lainnya, termasuk persetujuan regulator.

Untuk mengakomodir persyaratan-persyaratan transaksi FMC ini, DuPont dan Dow telah melakukan perubahan-perubahan pada perjanjian merger untuk memperpanjang “Outside Date” menjadi tanggal 31 Agustus 2017, dan kedua perusahaan mengantisipasi bahwa penyelesaian merger terlaksana antara tanggal 1 Agustus dan 1 September 2017, dengan syarat terpenuhinya kondisi-kondisi wajib bagi penyelesaian transaksi, termasuk diperolehnya persetujuan-persetujuan dari regulator.

Kedua perusahaan tetap berekspektasi bahwa spin-off yang dimaksudkan dapat terjadi dalam 18 bulan setelah terjadinya penyelesaian merger. Selain itu, Dow dan DuPont mengumumkan bahwa kedua perusahaan mengharapkan spin-off pertama dari proses pemisahan yang dimaksudkan adalah atas perusahaan Material Science.

Adapun Evercore and Goldman, Sachs & Co. bertindak sebagai penasehat keuangan bagi DuPont untuk transaksi ini, sementara Skadden, Arps, Slate, Meagher & Flom LLP bertindak sebagai penasehat hukum. Beledug Bantolo