Beranda Pertanian Dow dan DuPont Resmi Merger

Dow dan DuPont Resmi Merger

68
BERBAGI
Foto : Kantor Dupont. (Ist)

Agrofarm.co.id-Perusahaan Dow Chemical Company (Dow) dan DuPont mengumumkan telah berhasil menyelesaikan merger. Gabungan perusahaan kini beroperasi sebagai perusahaan induk dengan nama DowDuPont yang memiliki tiga divisi yaitu Pertanian, Materials Science dan Specialty Products.

Saham DuPont dan Dow berhenti diperdagangangkan saat penutupan di New York Stock Exchange (NYSE) pada 31 Agustus 2017. Terhitung hari ini, saham DowDuPont akan diperdagangkan di New York Stock Exchange dengan kode saham DWDP. Sesuai dengan kesepakatan merger, para pemegang saham Dow menerima fixed exchange ratio sebesar 1.00 saham DowDuPont untuk setiap saham Dow, sementara para pemegang saham DuPont menerima fixed exchange ratio sebesar 1.282 saham DowDuPont untuk setiap saham DuPont.

“Hari ini menjadi milestone besar sepanjang sejarah kedua perusahaan kami. Sangat menggembirakan bahwa kami telah menyelesaikan merger transformasional ini dan selanjutnya akan membentuk tiga perusahaan yang diperdagangkan secara publik, yang menjadi pemimpin dalam industri ini,” kata Andrew Liveris, Executive Chairman DowDuPont dalam siaran pers yang diterima Agrofarm, Senin (4/9/2017).

“Disamping bahwa warisan perusahaan kami secara keseluruhan sangat mengesankan, nilai sesungguhnya dari penggabungan usaha ini terletak pada dibentuknya tiga sumber kekuatan industri yang akan menentukan pasar mereka dan mengarahkan pertumbuhan untuk menghasilkan manfaat bagi seluruh pemangku kepentingan. Tim kami telah bekerjasama selama lebih dari setahun merencakan integrasi, dan hari ini kami akan mulai mengeksekusi rencana integrasi tersebut dengan tujuan menyelesaikan pemisahan perusahaan sesegera mungkin.”

Ed Breen, Chief Executive Office DowDuPont mengungkapkan, bagi para pemegang saham, pelanggan dan karyawan, penutupan transaksi ini merupakan langkah definitif untuk mendapatkan nilai yang lebih tinggi dan kesempatan yang lebih besar menuju suatu masa depan yang dibangun pada inovasi dan pertumbuhan yang berkelanjutan.

Lebih lanjut, katanya, DowDuPont merupakan landasan pacu untuk tiga perusahaan kuat yang telah direncanakan, yang akan memiliki posisi lebih baik untuk menginvestasi ulang sains dan inovasi, membantu memecahkan tantangan pelanggan yang senantiasa mengalami perubahan, dan menghasilkan keuntungan jangka panjang bagi para pemegang saham.

“Dengan selesainya merger ini, fokus kami sekarang adalah menyelesaikan struktur organisasi yang akan menjadi pondasi dari ketiga perusahaan kuat yang telah direncanakan tersebut dan bersinergi untuk merealisasikan nilai-nilai perusahaan. Dengan fokus yang jelas, visibilitas pasar dan R&D yang lebih produktif, masing-masing perusahaan hasil pemisahan akan memiliki kelengkapan untuk berhasil dalam kompetisi sebagai pemimpin dalam industri kami,” jelasnya.

Dewan dan Tata Kelola Perusahaan

Dewan Direksi DowDuPont terdiri dari 16 orang anggota delapan direktur yang sebelumnya menjabat sebagai anggota Dewan Direksi DuPont dan delapan direktur yang sebelumnya menjabat sebagai anggota dewan direksi Dow. Ada dua Direktur Utama yaitu Jeffrey Fettig, yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama Independen Dow, dan Alexander Cutler, yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama Independen DuPont. Liveris menjabat sebagai Executive Chairman Dewan Direksi, demikian halnya dengan Breen.

Pejabat DowDuPont

Sebagaimana telah diumumkan, DowDuPont akan dipimpin oleh tim pimpinan yang andal, yang masing-masing mencerminkan kekuatan dan kapabilitas kedua perusahaan. Berikut adalah pada pejabat eksekutif yang berada dalam jajaran pimpinan perusahaan bersama Liveris dan Breen:

  • Howard Ungerleider, Chief Financial Officer
  • Stacy Fox, General Counsel and Corporate Secretary
  • Charles J. Kalil, Special Counsellor to the Executive Chairman, General Counsel untuk Divisi Materials Science
  • James C. Collins, Jr., Chief Operating Officer, Divisi Pertanian
  • Jim Fitterling, Chief Operating Officer, Divisi Materials Science
  • Marc Doyle, Chief Operating Officer, Divisi Specialty Products

Memberi Nilai Tambah bagi Seluruh Pemangku Kepentingan

Dengan menggabungkan portofolio Dow dan DuPont yang saling melengkapi dan selanjutnya menciptakan pemimpin-pemimpin industri yang telah direncanakan, DowDuPont akan memaksimalkan nilai bagi seluruh pemangku kepentingannya.

  • Para pemegang saham akan mendapatkan manfaat dari profil investasi yang lebih kuat dan terfokus dari masing-masing perusahaan hasil pemisahan, serta adanya cost synergies yang substansial sekaligus penciptaan nilai yang berkelanjutan dan pertumbuhan jangka panjang yang akan dihasilkan dari pemisahan perusahaan gabungan menjadi tiga perusahaan baru yang independen. Transaksi ini diharapkan menghasilkan run-rate cost synergies sebesar kurang lebih $3 miliar, serta potensi sinergi pertumbuhan sekitar $1 miliar. Perusahaan memperkirakan akan mencapai run rate cost synergies sebesar 100 persen dalam 24 bulan pertama setelah penutupan merger.

 

  • Pelanggan akan mendapatkan manfaat dari solusi yang lebih baik dan penawaran produk yang lebih luas. Dengan menggabungkan kekuatan Dow dan DuPont yang saling melengkapi, masing-masing perusahaan hasil pemisahan akan mampu merespon keadaan yang berubah cepat dengan lebih efektif dan cepat dengan produk-produk inovatif dan pilihan yang lebih baik.

 

  • Karyawan akan mendapatkan manfaat menjadi bagian dari perusahaan pemimpin yang sangat kompetitif dan terfokus pada bidangnya, dan dibangun untuk pertumbuhan jangka panjang dan berkelanjutan yang akan menciptakan peluang bagi bisinis maupun karyawan.

Menuju Pemisahan

Para pimpinan dan tim integrasi Dow dan DuPont saat ini tengah mengembangkan model operasional dan disain organisasi yang akan datang, yang akan mendukung strategi yang diperbarui dari ketiga perusahaan hasil pemisahan. Masing-masing divisi memiliki proses, sumber daya manusia, aset, sistem dan lisensi tersendiri guna menjalankan operasi secara independen dari perusahaan induk. DowDuPont akan memisahkan ketiga divisi tersebut untuk berdiri dengan badan hukum masing-masing, dengan persetujuan Dewan dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pemisahan yang direncanakan tersebut diperkirakan akan selesai dalam waktu 18 bulan.

Perusahaan hasil pemisahan akan meliputi:

  • Perusahaan Pemimpin di bidang Pertanian yang memadukan kekuatan DuPont Pioneer, DuPont Crop Protection, dan Dow AgroSciences untuk dapat melayani para petani di seluruh dunia dengan portofolio superior yang menawarkan solusi, pilihan yang lebih baik, dan harga yang kompetitif. Kemampuan gabungan dan mesin inovasi yang sangat produktif akan menjadikan Perusahaan Pertanian hasil pemisahan ini mampu menawarkan rangkaian produk yang lebih luas dengan lebih cepat ke dalam pasar dan menjadi mitra petani yang lebih baik, memberikan inovasi dan membantu mereka meningkatkan produktifitas dan profitabilitas. Kantor Pusat Perusahaan Pertanian hasil pemisahan ini akan berkedudukan di Wilmington, Delaware, dengan beberapa global business center yang berkedudukan di Johnston, Iowa, dan Indianapolis, Indiana.

 

  • Perusahaan Materials Science terdepan dengan nama Dow yang meliputi bisnis dalam segmen dimana Dow saat ini beroperasi, yaitu: Performance Plastics, Performance Materials & Chemicals, Infrastructure Solutions, serta Consumer Solutions. (Consumer Care dan Dow Automotive Systems, serta Dow Electronic Materials direncanakan untuk dimasukkan ke dalam Perusahaan Specialty Products), demikian halnya dengan segmen Performance Materials DuPont. Perusahaan Materials Science hasil pemisahan akan menawarkan toolkit polymer dan bahan kimia terluas dalam industri, dengan skala dan kapabilitas kompetitif untuk memberikan solusi yang benar-benar terdeferensiasi bagi pelanggan di pasar akhir dengan pertumbuhan tinggi, termasuk pengemasan, transportasi dan infrastruktur. Kantor Pusat Perusahaan Materials Science hasil pemisahan ini akan berkedudukan di Midland, Michigan.

 

  • Perusahaan Specialty Products terdepan yang meliputi bisnis pemimpin pasar yang kuat termasuk DuPont Protection Solutions, Sustainable Solutions, Industrial Biosciences, dan Nutrition and Health, yang akan memadukan bisnis Health and Nutrition dari FMC begitu transaksi selesai, serta Electronic Technologies, yang menggabungkan bisnis Electronics & Communications DuPont dan unit bisnis Electronic Materials Dow. Perusahaan Specialty Products hasil pemisahan akan menjadi pemimpin inovasi yang terdiri dari bisnis produk khusus yang diarahkan oleh teknologi dengan produk dan solusi yang sangat terdeferensiasi yang mengubah industry dan kehidupan sehari-hari. Kantor Pusat Perusahaan Specialty Products hasil pemisahan akan berkedudukan di Wilmington, Delaware.

 

Sebagaimana telah diumumkan, Dewan Direksi DowDuPont tengah melakukan tinjauan portofolio yang komprehensif guna menjajaki kembali fakta-fakta bisnis dan memperluas pengetahuan yang telah diperoleh sepanjang satu setengah tahun terakhir guna menangkap peluang-peluang yang meningkatkan nilai material dalam mempersiapkan ketiga perusahaan hasil pemisahan yang akan menjadi pemimpin dalam industri.

Klein and Company, Lazard and Morgan Stanley & Co. LLC selaku penasehat keuangan Dow untuk transaksi merger, dengan Weil, Gotshal & Manges LLP sebagai penasehat hukumnya.

Evercore and Goldman, Sachs & Co. selaku penasehat keuangan DuPont untuk transaksi merger, denngan Skadden, Arps, Slate, Meagher & Flom LLP sebagai penasehat hukum. Beledug Bantolo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here