Beranda Pertanian Diversifikasi Solusi Atasi Persoalan Stok Pangan Nasional

Diversifikasi Solusi Atasi Persoalan Stok Pangan Nasional

BERBAGI

Agrofarm.co.id – Ketua Komisi IV DPR RI Edhy Prabowo mengatakan, program diversifikasi dapat menjadi cara untuk mengatasi persoalan stok pangan di Indonesia.

“Diversifikasi pangan merupakan jawaban utama untuk percepatan terhadap penyelesaian ketersediaan pangan dari dalam negeri. Oleh karena itu diharapkan dengan adanya acara ini, dapat membangkitkan semangat pertanian Indonesia, dan membangkitkan semangat perempuan dalam berperan di masyarakat,” dikutip, Selasa (25/4/2017).

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Herman Khaeron menambahkan, program Diversifikasi dapat mengangkat kearifan lokal terhadap kompetensi lokal didalam menyediakan pangan yang cukup dan mampu memenuhi terhadap unsur karbohidrat, tetapi lebih aman dari dampak terhadap ketidaksehatan lainnya.

“Ini akan mengangkat ide dan gagasan baru yang sangat penting terhadap pengambilan keputusan regulasi di Komisi IV, dan juga penting untuk mendukung pengalokasian anggaran dan program kedepannya,” ujar politisi F-Demokrat itu.

Ia menegaskan bahwa peningkatan kemampuan swasembada, kedaulatan dan kemandirian pangan, bukan hanya didorong dari peningkatan produktifitas, tetapi juga didorong dari pengurangan konsumsi, sehingga akan meningkatkan potensi-potensi baru dalam komoditas lainnya.

“Kita akan tetap survive dalam kemampuan untuk memenuhi kebutuhan pangan pokok masyarakat Indonesia yang jumlah penduduknya semakin meningkat dan jumlah konsumsinya juga meningkat, sehingga dengan kemampuan lokal inilah ketergantungan terhadap beras secara nasional juga akan berkurang.

Apabila diversifikasi berjalan, lanjutnya, maka kebutuhan pangannya terpenuhi. Indonesia bisa swasembada beras dan ekspor beras. “Otomatis akan ada pendapatan devisa. Disisi lain juga akan mengangkat sektor ekonomi baru di masing-masing lokal komunitasnya,” jelasnya. Beledug Bantolo