BPTP Jawa Tengah : Masih Ada Panen Padi di Jawa Tengah

Panen padi di Jawa Tengah/ist

Agrofarm.co.id-Memasuki pertengahan bulan Desember 2017, pada umumnya sebagian petani di Jawa Tengah sudah memasuki masa tanam. Namun di beberapa lokasi di kabupaten Boyolali dan Wonosobo terpantau baru memasuki masa panen menjelang pertengahan hingga akhir Desember 2017.

Pada Hari Minggu kemarin dilakukan panen di beberapa titik luasan. Masih banyak titik-titik panen di Jawa Tengah menunjukkan bahwa walaupun musim tanam secara umum (Desember) ternyata juga ada musim panen.

Kondisi seperti ini mengilustrasikan bahwa ketersediaan pangan akan terjaga secara berkelanjutan. Oleh karena itu, semangat untuk menuju lumbung pangan dunia di Indonesia bukan suatu tujuan yang berlebihan. Kerjasama untuk bersinergi antar berbagai stake holders merupakan kunci sukses yang harus diteruskan.

Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Jawa Tengah Dr. Harwanto mengungkapkan bahwa menurut pantauannya di Jateng, lokasi yang sedang melakukan panen padi tercatat di 5 (lima) desa di Kabupaten Boyolali yaitu Desa Kopen, Desa Kadireso, Desa Bangak, Desa Trayu dan Desa Tanjungsari, jelasnya.

Total luasan panen mencapai 5,5 ha dari luas total hamparan 190 ha dengan provitas rata-rata 6 ton/ha, dalam keterangan resminya, Minggu (17/12/2017).

Adapun untuk wilayah Wonosobo, luasan panen yang dipantau seluas 3,9 ha dari luas hamparan 22 ha dengan provitas mencapai 6,4 ton/ha. Dari hasil pantauan juga tercatat bahwa jenis varietas padi yang digunakan berupa IR 64, Inpari 30, Inpari 31 maupun jenis lainnya seperti Songgolangit, Cianjur dan Barito.. Bantolo

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*