Beranda Sawit BPDP Sawit Beri Nilai Tambah Bagi Perekonomian Nasional

BPDP Sawit Beri Nilai Tambah Bagi Perekonomian Nasional

168
BERBAGI

Agrofarm.co.id  –  Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit memberikan nilai tambah bagi perekonomian nasioanl.

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, kelapa sawit adalah salah satu komoditas yang menjadi produk unggulan nasional Indonesia, meski perkembangannya juga tak lepas dari perdebatan.

“Agar komoditas ini tetap menjadi komoditas strategis, pemerintah Indonesia telah berupaya mengurangi oversupply kelapa sawit yang menyebabkan harga komoditas CPO dan turunannya menurun secara signifikan pada 2014-2015,” terang Darmin.

Untuk mendorong program biodiesel, pemerintah pun membentuk BPDP Kelapa Sawit, yaitu badan yang memberikan insentif dalam mendorong penyerapan Biodisel pada pasar PSO dan Non-PSO.

Darmin mengatakan, BPDP merupakan skema industri membantu industri, di mana perusahaan yang melakukan ekspor wajib menyetorkan pungutan ekspor yang dapat digunakan untuk membantu penyerapan biodiesel agar tidak memberatkan APBN.

Dengan membentuk demand baru melalui program mandatory biodiesel yang dibantu dukungan BPDP Kelapa Sawit, lanjutnya, pemerintah berhasil menstabilkan harga CPO dan Tandan Buah Segar (TBS) pada akhir 2015-2016 yang dinikmati seluruh pemangku kepentingan.

“Dengan banyaknya nilai tambah yang dihasilkan BPDP Kelapa Sawit untuk Indonesia, khususnya industri kelapa sawit, maka keberlangsungan BPDP Kelapa Sawit sangat penting dilakukan,” ujar Darmin Nasution dalam acara peluncuran buku Menuju Kemandirian dan Keseimbangan Sawit Indonesia, Selasa (2/5/2017).

Beberapa program utama BPDP Kelapa Sawit adalah biodiesel, peremajaan, promosi, peningkatan sumber daya manusia, Research & Development (R&D) dan dana cadangan.

“Peranan BPDP Kelapa Sawit sangat penting bagi devisa negara dan nilai tambah industri domestik, maka terdapat beberapa aturan main yang harus diketahui oleh seluruh pemangku keopentingan Industri kelap sawit,” lanjut Darmin. Beledug Bantolo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here