Beranda Sawit BGA Replanting Kebun Petani Seluas 1.500 Ha

BGA Replanting Kebun Petani Seluas 1.500 Ha

74
BERBAGI
Petani panen kelapa sawit. (ist)

Agrofarm.co.id-PT Bumitama Gunajaya Agro (BGA) berencana melakukan peremajaan tanaman kelapa sawit (replanting) terhadap petani swadaya.

“Target kebun mitra perusahaan yang akan direplanting seluas 1.500 hektare 9ha) dalam lima tahun mendatang. Dari luasan areal tersebut terdapat 180 petani swadaya di wilayah Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat. Sekarang sudah penanaman perdana,” kata Hadi Fauzan Director of Corporate Affair dan Sustainability BGA.

Menurutnya, replanting ini penting dilakukan karena sebagian tanaman sudah berumur tua. Ditambah ke depan agar pasokan buah dari petani swadaya menghasilkan rendemen minyak yang tinggi.

“Untuk itu, perusahaan tidak segan-segan melakukan pembinaan budidaya kelapa sawit sesuai dengan good agriculture practices (GAP),” terangnya.

Selain itu, katanya, perusahaan juga berkomitmen untuk melakukan sertifikasi sustainability baik yang dilakukan oleh luar negeri yakni Rountble Sustainbilty Palm Oil (RSPO) ataupun dari dalam negeri Indonesia Sustainbilty Palm Oil (ISPO).

“Serifikasi sustainbilty sangatlah penting untuk membuktikan bahwa perkebunan kelapa sawit di dalam negeri telah ramah lingkungan,” ujar Hadi.

Dia menyebutkan, ada empat perusahaan yang sudah mendapatkan sertifikasi RSPO dan dua perusahaan memperoleh 2 sertifikat ISPO. “Targetnya seluruh kebun sawit perusahaan akan mengantongi sertifikasi ISPO karena ini mandatory pemerintah,” jelas Hadi. Beledug Bantolo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here