Beranda Sawit BGA Group Raih CSR Award dari Forum PKM-CSR

BGA Group Raih CSR Award dari Forum PKM-CSR

BERBAGI
Agus Wiastono selaku CSR Department Head BGA Group peroleh CSR Award dari Forum PKM-CSR/ist

Agrofarm.co.id-Bumitama Gunajaya Agro (Group) meraih CSR Award dari Universitas Pelita Harapan, Universitas Multimedia Nusantara dan Swiss German University (yang tergabung dalam Forum Nasional PKM-CSR) di Universitas Sebelas Maret (UNS) – Solo, Jawa Tengah dalam rangkaian kegiatan Konferensi Nasional PKM-CSR yang ke-3.

Penghargaan yang diberikan dalam rangkaian kegiatan Konferensi Nasional dengan tema Optimalisasi Peran Perguruan Tinggi dan Dunia Usaha untuk Pemberdayaan Masyarakat ini merupakan bentuk apresiasi kalangan akademisi kepada perusahaan dalam menjalankan program Tanggungjawab Sosial (CSR)nya untuk masyarakat.

Hal ini juga sejalan dengan kalangan akademisi yang memiliki Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni; Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dimana Tri Dharma yang terakhir tersebut yang menjadi semangat para Akademisi untuk bersumbangsih kepada negeri bersama-sama dengan berbagai pihak, termasuk dunia usaha.

Penghargaan CSR yang didapat oleh BGA Group tersebut adalah program pemberdayaan masyarakat di Desa Teluk Pulai, Kec. Kumai, Kab. Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Pada wilayah operasional PT Andalan Sukses Makmur (anak usaha BGA Group) ini program CSR yang dijalankan adalah memberdayakan masyarakat setempat untuk mendapatkan alternative income dengan program budidaya tanaman padi serta pertanian lainnya seperti sayuran dan buah-buahan, disamping mereka bekerja sebagai tenaga kerja perkebunan di perusahaan. Program ini juga sejalan dengan program Ketahanan Pangan yang digalangkan oleh pemerintah setempat.

“Kami mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan. Penghargaan ini diharapkan dapat menjadi penyemangat kami (BGA Group) untuk senantiasa berupaya memberikan yang terbaik kepada masyarakat sekitar perusahaan yang mudah-mudahan bermanfaat dapat meningkatkan pembangunan daerah melalui kerjasama dengan berbagai pihak,” kata Agus Wiastono selaku CSR Department Head BGA Group dalam keterangan resminya, Senin (23/10/2017).

PKM-CSR Award merupakan penghargaan yang diberikan kepada peserta yang mendaftarkan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang merupakan hasil kerjasama perguruan tinggi dengan perusahaan atau dengan pemerintah maupun non-pemerintah atau diselenggarakan oleh CSR perusahaan sendiri. Pemenangnya dipilih berdasarkan danpak positif dan solusi inovatif di bidang: pertanian, perikanan dan kelautan, lingkungan hidup dan manajemen bencana, kesehatan ekonomi sosial dan budaya, teknologi informasi dan komunikasi serta terkahir bidang pendidikan.

“Kami bertujuan untuk merumuskan konsep pemberdayaan untuk kerangka acuan optimalisasi peran perguruan tinggi dan dunia usaha dalam meningkatkan pemberdayaan masyarakat,” jelas Ketua panitia konferensi, Rudy Pramono dari Universitas Pelita Harapan.

Rudy Pramono menjelaskan, konsep pemberdayaan sangat penting untuk memberikan perspektif positif terhadap orang miskin yang dipandang sebagai orang yang serba kekurangan. Melalui pemberdayaan masyarakat, katanya, akan dapat mewujudkan penyediaan sumber daya, kesempatan, pengetahuan, dan keterampilan bagi masyarakat. Kerjasama antara perguruan tinggi dan dunia usaha merupakan ajang untuk saling melengkapi. Sehingga kedua belah pihak bisa tumbuh dan berkembang secara optimal.

Sementara, Kegiatan Konferensi diharapkan juga bisa menjadi sarana untuk bertukar informasi dan berdiskusi terkait dengan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). “Kami berharap forum ini juga bisa menciptakan sinergi antara kegiatan PKM di lembaga pendidikan dan CSR di dunia usaha sehingga menjadi program pemberdayaan yang lebih efektif dan berkelanjutan,” katanya.

Perguruan tinggi melalui lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, merupakan mitra kerja dunia usaha dalam mengupayakan peningkatan pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan. Dalam pelaksanaan corporate social responsibility (CSR) dunia usaha bisa bermitra dengan perguruan tinggi. Pertumbuhan sebuah perusahaan dan perkembangan sebuah perguruan tinggi, juga harus bisa dinikmati oleh masyarakat di sekitarnya. Ketiga elemen inilah yang kemudian bersinergi membentuk konsep pembangunan berkelanjutan.

Konferensi Nasional PkM CSR merupakan wadah atau forum diskusi serta kerjasama antara perguruan tinggi, dunia usaha, pemerintah dan pelaku lain dalam upaya diseminasi dan kerjasama kegiatan-kegiatan pemberdayaan masyarakat yang diinisiasi oleh Universitas Pelita Harapan, Universitas Multimedia Nusantara, dan Universitas Swiss German sejak tahun 2015.

Sebelumnya tahun 2015 konferensi PkM-CSR diselenggarakan di Kampus Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang yang dihadiri oleh 120 peserta. Pada tahun 2016 konferensi PkM-CSR diselenggarakan di Padang di Sumatera Barat bekerjasama dengan Universitas Bung Hatta yang dihadiri oleh 152 peserta. Untuk tahun 2017 konferensi PkM-CSR akan diselenggarakan di Surakarta pada tanggal 19-21 Oktober 2017 bekerjasama dengan Universitas Sebelas Maret (UNS) yang diharapkan dihadiri kurang lebih 200 peserta dari berbagai provinsi. Bantolo