Beranda Pertanian Anak Usaha Putra Rajawali Group Lirik Investasi Jagung di Kaltim

Anak Usaha Putra Rajawali Group Lirik Investasi Jagung di Kaltim

BERBAGI
Lahan jagung/Ist

Agrofarm.co.id-PT Putra Rajawali Plantation melirik investasi jagung di Kalimantan Timur (Kaltim). Dibutuhkan sekitar 10 ribu hectare (ha) untuk lahan tanaman jagung. Untuk itu, pemerintah daerah menyiapkan lahan berupa kawasan hutan produksi atau hutan tanaman industri (HTI) wilayah KPH Santan.

“Investor ini berinvestasi tanaman jagung hingga produk hilirnya,” kata Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura H Ibrahim dikutip, Senin (14/8/2017). Menurut dia, tahap awal bisa dibuka 2.500 hektar (inti) dan bertahap dikembangkan kegiatan bekerjasama dengan masyarakat (plasma) hingga mencapai 10 ribu ha.

“Selanjutnya, investor langsung berhubungan dengan Dinas Kehutanan karena yang dimanfaatkan lahan hutan produksi melalui program perhutanan sosial,” jelas Ibrahim.

Sementara itu Staf Ahli Menteri Bidang Investasi Kementerian Pertanian Syukur Iwantoro mengungkapkan, investasi tanaman jagung sangat prospektif di Kaltim. “Kalau ini sudah berhasil maka akan ada dua investor jagung siap ke Kaltim. Satunya investor asing (Malaysia) dan lainnya dalam negeri dari Jakarta,” ujar Syukur Iwantoro.

Dia menambahkan, kegiatan usaha di lahan hutan produksi sesuai terobosan Menteri LHK bahwa hutan bisa digunakan untuk pangan dan Kaltim memiliki potensi lahan yang sangat luas. Sedangkan PT Putra Rajawali Plantation merupakan investor swasta nasional anak perusahaan Putra Rajawali Group dari Jawa Tengah. Beledug Bantolo