Inilah Program Aksi Hortikultura 2018

Agrofarm.co.id-Pada tahun ini Direktorat Jenderal Hortikultura fokus pada peningkatan produksi, nilai tambah, daya saing dan dan ekspor produk hortikultura. Ini tertuang dalam Aksi Hortikultura 2018.

Direktur Jenderal Hortikultura Kementan, Spudnik Sujono Kamino mengungkapkan, prioritas pengembangan hortikultura tahun ini masih fokus pada komoditas cabai, bawang merah, bawang putih dan buah-buahan berorientasi ekspor.

“Tahun 2018 adalah tahun hortikultura. Ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo. Alhasil buah manggis dan salak sudah tembus pasar China, mangga ke Australia. Untuk itu, sektor hulunya harus diperkuat,” ungkap Spudnik dalam acara konferensi pers di Ruang Rapat Direktorat Jenderal Hortikultura Jakarta Selatan, Selasa (27/2/2018).

Menurutnya, upaya yang dilakukan dengan menyiapkan benih unggul, lokasi khusus, irigasi, pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) dan sungkup plastik untuk meningkatkan produksi bawang merah, cabai.

Kemudian buah unggulan dan berorientasi ekspor seperti jeruk, mangga, salak, manggis dan durian dilakukan melalui teknik produksi berjenjang (Pemangkasan, pemupukan, pengendalian OPT), Good Agricultural Practices (GAP), Good Handling Practices (GHP), registrasi kebun, pendampingan ekspor, pendaftaran varietas dan pengembangan varietas unggul.

Selain itu, disiapkan ketersediaan benih dan pengawalan realisasi tanam Importir guna meningkatkan produksi bawang putih. Sementara dalam pemasaran, pasca panen dan olahan produk hortikultura akan dilakukan upaya kemitraan usaha atau jaringan pemasaran, gudang penyimpanan dan sarana pengolahan.

“Sejak tahun 2016 dibangun kawasan buah terintegrasi dengan para eksportir. Bibit, pengawalan teknologi dari mereka dan hasil dari para petani diekspor. Alhasil dari aspek budidaya dan bibitnya baik. Kemudian dari sisi pasca panen maupun pengolahannya juga lebih baik,” terangnya.

Dia menambahkan, target swasembada bawang putih dipercepat dari awalnya 2033 menjadi tahun 2019. Meskipun, kendalanya saat ini ketersediaan benih yang belum mencukupi. “Untuk itu diupayakan impor dari luar negeri,” tuturnya.

Adapun target produksi bawang putih Tahun 2018 sebanyak 105.484 ton, bawang merah 1,6 juta ton, cabe besar 1,2 juta ton dan cabe rawit 962.329 ton. Bantolo

1 Komentar

  1. Ass.kami dari LSM-Lembaga Pengembanhan Sosial dan Ekonomi Rakyat Kabipaten Dompu akan kembangkan Kegiantan Penanaman buah buahan Durian,Advokat,Manggis,Rambutan,Sawo,Klengkeng Bersamaa maayarakat Desa dilahan kawasan yang tidak produktif menjadi lahan yang bernilai ekonomi. Oleh karena itu kami mohon petunjuk agar kami bisa mwmperoleh bantuan bibit yg akan kami kembangkan. Wassalam

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*