Produksi TBS AALI Capai 5,225 Juta ton di Tahun 2017

Public Expose PT Astra Agro Lestari Tbk. (Ist)

Agrofarm.co.id-PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) kembali mencatatkan kinerja positif sepanjang tahun 2017. Peningkatan kinerja operasional ini ditopang oleh program peningkatan produktivitas perusahaan yang berjalan dengan baik sehingga produksi TBS (tandan buah segar) maupun CPO (minyak sawit mentah) yang meningkat.

Hal ini dibuktikan dengan produksi CPO (crude palm oil atau minyak sawit mentah) yang semakin membaik, dari 1,544 juta ton pada tahun 2016 menjadi 1,634 juta ton pada tahun 2017.

Peningkatan produksi CPO disebabkan oleh peningkatan produktivitas dari kebun inti maupun kebun plasma, termasuk salah satunya adalah produksi dari petani mitra. Kondisi ini didukung juga oleh faktor cuaca yang cukup kondusif sepanjang tahun 2017.

Produksi tandan buah segar (TBS) dari perkebunan inti dan plasma juga mengalami peningkatan dari 4,873 juta ton pada tahun 2016 menjadi 5,225 juta ton pada tahun 2017. Industri kelapa sawit juga diuntungkan dengan peningkatan harga rata-rata CPO dari Rp 7.768,0 per kilogram pada tahun 2016 menjadi Rp 8.271,0 per kilogram.

“Sepanjang tahun ini, industri kelapa sawit menunjukkan kinerja yang positif, ke depan kami optimistis industri ini akan semakin berkembang,” kata Presiden Direktur PT Astra Agro Lestari Tbk, Santosa di sela media gathering di Kota Batu Malang, Rabu (24/1/2018).

Berbagai keunggulan Astra Agro misalnya dalam hal Riset dan Pengembangan harus dipertahankan sehingga dapat memiliki core competence dibandingkan perusahaan-perusahaan lain sejenis. Menurutnya, Astra Agro terus melakukan serangkaian inovasi untuk menemukan model terbaik dalam mencapai tingkat produktivitas yang lebih tinggi.

Peningkatan produktivitas ini dilakukan dengan meneruskan program yang sudah berjalan seperti program mekanisasi dan otomasi, penelitian untuk pengembangan benih unggul, peremajaan tanaman (replanting) serta melanjutkan operasi industri hilir yang sudah berjalan.

“Astra Agro juga terus berinovasi melalui berbagai strategi yang inovatif lainnya, seperti pengembangan kerjasama dengan kebun masyarakat sekitar dan meningkatkan volume penjualan melalui pembelian CPO eksternal,” ujarnya. Bantolo

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*