Sawit Jadi Komoditas Ekspor Andalan ke Bangladesh

Petani kelapa sawit/ist

Agrofarm.co.id-Minyak kelapa sawit menjadi komoditas ekspor andalan Indonesia ke Bangladesh.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) ekspor Indonesia ke Bangladesh pada periode Januari-Oktober 2017 tercatat sebesar USD 1,31 miliar atau naik 25,8% dari periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai USD 1,04 miliar.

Komoditas ekspor andalan Indonesia ke Bangladesh adalah minyak kelapa sawit dan fraksinya, bubur kayu kimiawi, bangku penumpang untuk kereta atau trem, batu bara, serta kertas dan karton. Sementara itu,nilai total perdagangan kedua negara pada tahun 2016 mencapai USD 1,33 miliar. Neraca perdagangan Indonesia-Bangladesh pada tahun yang sama menunjukkan surplus bagi Indonesia sebesar USD 1,19 miliar.

Bangladesh menempati peringkat ke-23 sebagai negara tujuan ekspor utama Indonesia dengan pangsa sebesar 0,9%, serta menempati urutan ke-63 sebagai negara sumber impor utama Indonesia dengan pangsa sebesar 0,1%.

“Indonesia dan Bangladesh menyadari besarnya potensi perdagangan yang bisa dimaksimalkan kedua negara. Sebagai negara yang perekonomiannya terus tumbuh serta didukung dengan jumlah penduduk yang signifikan, Bangladesh berpeluang besar menjadi salah satu negara tujuan ekspor utama Indonesia di masa mendatang,” jelas Dirjen Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan (Kemendag) Iman Pambagyo dalam siaran persnya, Jumat (19/1/2018)

Untuk itu, Indonesia dan Bangladesh sepakat merencanakan putaran pertama perundingan Indonesia-Bangladesh Preferential Trade Agreement (IB-PTA) pada semester pertama 2018. Kesepakatan tersebut dicapai dalam pertemuan pendahuluan IB-PTA di Jakarta.

“Upaya menjalin kerja sama perdagangan dengan Bangladesh ini sejalan dengan arah kebijakan Pemerintah RI untuk memperluas akses pasar dan meningkatkan kerja sama perdagangan Indonesia dengan negara-negara nontradisional, khususnya di kawasan Asia Selatan,” tegas Iman. Dian

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*