Beranda Sawit Sinar Mas Agro Beri Beasiswa Enam Siswa dari Kapuas Hulu

Sinar Mas Agro Beri Beasiswa Enam Siswa dari Kapuas Hulu

BERBAGI
Enam siswa/i dari Kabupaten Kapuas Hulu memperoleh beasiswa PT Sinar Mas Agro/ist

Agrofarm.co.id-Sinar Mas Agribusiness and Food, melalui unit usahanya PT Kartika Prima Cipta (KPC) menyerahkan dana bantuan Beasiswa SMART kepada enam siswa/i berprestasi dari Kabupaten Kapuas Hulu untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi (PT).

“Kami berharap melalui program Beasiswa SMART anak-anak muda berprestasi dari desadesa binaan akan memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi dan mengejar cita-cita mereka,” ungkap Susanto Yang CEO Perkebunan wilayah Kalimantan Barat, Sinar Mas Agribusiness and Food dalam siaran persnya, Rabu (10/1/2018).

Enam siswa/i dari Kabupaten Kapuas Hulu menerima bantuan dana masing-masing sebesar Rp 64 juta. Bantuan dana ini akan digunakan untuk biaya kuliah, perlengkapan kuliah, dan juga biaya hidup.

“Program beasiswa ini akan terus berjalan dengan proses perekrutan terakhir di 2020 untuk mendukung pendidikan bagi 40 calon siswa/i hingga level sarjana (S1) dari tiga Kecamatan yaitu Suhaid, Semitau, dan Silat Hilir dari Kabupaten Kapuas Hulu,” katanya.

Selain pemberian dana, para calon siswa akan mendapatkan bimbingan belajar selama 6 bulan yang meliputi persiapan tes 1-3 bulan dan uji coba seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) sebanyak 3 kali. Hal ini dilakukan untuk membantu para calon siswa mendapatkan nilai yang cukup untuk diterima di universitas negri setempat. Setelah siswa diterima dan mulai berkuliah, perusahaan akan melakukan pendampingan selama 3-6 bulan untuk membantu para siswa beradaptasi

Program Beasiswa SMART ini juga diharapkan membuka kesempatan bagi para anak-anak perempuan dari desa binaan untuk mendapatkan kesempatan melanjutkan pendidikan ke PT, terutama di bidang-bidang studi Sains, Teknologi, Teknik Mesin dan Matematika (STEM) yang hingga kini masih belum banyak diambil oleh para mahasiswi.

UNESCO mengatakan jurusan STEM merupakan pekerjaan yang akan banyak dicari di masa depan (job of the future) yang dapat mendorong kesejahteraan individu dan masyarakat sekitarnya, melalui inovasi dan kreativitas. Sehingga sangatlah penting terbukanya kesempatan-kesempatan seperti ini.

Pada putaran pertama, perusahaan mengumumkan enam siswa/i yang mendapatkan Beasiswa, yaitu:

– Alda Elfiana dari Desa Marsedan Raya dengan jurusan kuliah Kesehatan Lingkungan

– Lina dari Desa Menapar dengan jurusan kuliah Teknik Mesin

– Septiana Rita dari Desa Menapar dengan jurusan kuliah Teknik Mesin

– Susiana Ikat dari Desa Menapar dengan jurusan kuliah Teknik Mesin

– Yunus Sawang Budiman dari Desa Tua Abang dengan jurusan kuliah Teknik

Pertanian

– Sahrul Gunawan dari Desa Madang Permai dengan jurusan kuliah Teknik Mesin

Untuk program Beasiswa SMART perusahaan telah menyiapkan total bantuan dana sebesar Rp 2,82 miliar untuk 40 anak yang akan diberikan hingga 2020. Proses pendaftaran Beasiswa tahap selanjutnya akan kembali dibuka pada bulan Maret April 2018. Bantolo