346 Perusahaan Sawit Sudah Kantongi Sertifikat ISPO

Pemyerahan Sertifikat ISPO oleh Direktur Jenderal Perkebunan Bambang/bantolo

Agrofarm.co.id-Kementerian Pertanian (Kementan) mencatat hingga Desember 2017 telah menyerahkan sertifikat Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) kepada 346 perusahaan kelapa sawit.

“Yang sekarang dibagikan ada 40 perusahaan atau kurang lebih dua juta hektare (ha), sehingga totalnya ada 346 perusahaan memperoleh ISPO,” kata Direktur Jenderal Perkebunan Bambang pada peringatan Hari Perkebunan Ke-60 di Instiper Yogyakarta, Minggu (10/12/2018).

Adapun produksi minyak sawit mentah CPO dari dari 346 perusahaan sawit tersebut yakni sebesar 8,757 juta ton atau skeitar 24 persen dari keseluruhan produksi CPO Indonesia.

“ISPO ini adalah komitmen Indonesia untuk menghasilkan sawit yang berkelanjutan dan berwawasan lingkingan. Maka siapapun kita harus mengahrgai dan membanggakan ISPO,” ujar Bambang.

Menurutnya, seluruh perusahaan perkebunan dan petani sawit bertekad mewujudkan 100 persen usaha sawit indonesia menerapkan sertifikasi ISPO.

“Dengan begitu seluruh pembeli dan pangsa pasar sawit di luar negeri akan menghargai ISPO,” jelasnya.

Sekarang total luas areal perkebunan sawit nasional mencapai 11,9 juta ha, termasuk perkebunan sawit rakyat. Sedangkan lahan sawit yang sudah memenuhi persyaratan ISPO baru mencapai 2 juta ha.

“Saya minta kepada seluruh pelaku usaha perkebunan terutama swasta agar fokus segera menyelesaikan sertifikasi ISPO, karena degan demikian posisi sawit kita di pasar internasional akan lebih kuat,” ungkap Bambang. Bantolo

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*