Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono/ist

Menteri KKP: Keberlanjutan dan Kesejahteraan Nelayan Sama Pentingnya

Agrofarm.co.id-Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menekankan sisi ekonomi dan ekologi sebagai prioritasnya dalam memajukan sektor kelautan dan perikanan ke depannya. Ia mengatakan bahwa keberlanjutan biota laut dan kesejahteraan bagi nelayan merupakan unsur yang sama penting dan perlu diutamakan.

“Ada dua sisi, satu sisi ekologi, itu adalah keberlanjutan atau sustainability. Sisi lainnya adalah sisi ekonomi. Nah, kita harusnya bisa berdiri di tengah, dari sisi ekologi tetep harus bisa kita jaga, tapi kita harus mampu memberi kesejahteraan kepada rakyat. Roadmapnya adalah sustainability bagi kelestarian ekologi dan kedua adalah pengembangan budidaya untuk peningkatan ekonomi. Jadi disitu harus berjalan seiring,” tegas Menteri Trenggono dalam audiensi bersama Indonesia Ocean Justice Initiative (IOJI) secara daring, Rabu (03/02/2021).

IOJI menyambut baik visi dari Menteri Trenggono ini, dimana IOJI memiliki rencana yang sejalan, yaitu Paradigma Sustainable Ocean Economy. Paradigma ini akan berfokus pada terwujudnya keseimbangan antara keberlanjutan ekosistem laut dan kesejahteraan nelayan.

“Setelah Bapak dilantik, kami senang sekali, saat Pak Menteri mengatakan tentang sustainability. Persis seperti yang dikatakan, paradigma ini, disamping kita memproteksi dan mendukung ekosistemnya, tapi juga kita memproduksi secara berkelanjutan serta memastikan bahwa pemanfaatan sumber daya kelautan secara berkeadilan. Pak Menteri sangat sejalan dengan yang akan dilaksanakan oleh kita semua,” jelas Achmad Santosa, CEO IOJI.

Dalam diskusi tersebut, Menteri Trenggono dan IOJI saling bertukar informasi tentang rencana memajukan sektor kelautan dan perikanan di masa yang akan datang. Selain itu, IOJI memberikan masukan untuk berbagai kebijakan sektor kelautan dan perikanan, salah satunya tentang pengawasan terhadap kapal ikan asing maupun nasional.

Menteri Trenggono mengapresiasi berbagai rekomendasi dari IOJI, dan akan membahasnya lebih lanjut bersama jajaran di KKP. Ia siap menerima aspirasi dari berbagai pihak dan berharap bergerak bersama dalam membangun sektor kelautan dan perikanan yang lebih kuat dan berdaya saing.

“Saya akan selalu berkomunikasi dan selalu berdiskusi. Saya akan selalu belajar. Potensi kekeliruan bisa diantisipasi dan dikoreksi. Terimakasih atas masukannya. Mohon kita selalu dikawal,” ujar Trenggono. Bantolo