Tanaman vanili/ist

Vanili Kering asal NTB Tembus Pasar Amerika Serikat

Agrofarm.co.id-Karantina Pertanian Mataram melepas kembali ekspor komoditas pertanian berupa vanili kering asal Sembalun Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tujuan Amerika Serikat. Berdasarkan data IQFAST Karantina Pertanian Mataram, selama dua bulan ini 1.370 kilogram vanili kering dengan nilai ekspor mencapai Rp 3 miliar yang dilepas di Lembar.

Menurut Arinaung, Kepala Karantina Pertanian Mataram mengatakan bahwa pihaknya dan instansi terkait mendukung program Kementerian Pertanian dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani dengan Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor Pertanian (Gratieks) supaya ekspor komoditas pertanian meningkat dan terus berkelanjutan.

“Karatina Pertanian Mataram melakukan percepatan pelayanan tindakan karantina dan memberikan bimbingan teknis terhadap pemenuhan persyaratan sanitari dan fitosanitari sesuai yang dipersyaratkan negara tujuan ekspor,” kata dia dalam keterangan resminya, Rabu (18/11/2020).

Pelepasan ekspor dihadiri oleh dinas pertanian, dinas perdangangan, bea cukai, Pelindo III dan pemilik vanili. “Saya senang karena telah ikut mendukung program Gratieks Kementerian Pertanian dengan mengekspor vanili yang berkualitas ke negara lain. Saya telah berkecimpung dalam usaha vanili selama 8 tahun belakangan ini,” ungkapnya. Puspa