Bibit rumput laut/ist

KKP Distribusikan Bibit Unggul untuk Tingkatkan Kualitas Rumput Laut

Agroofarm.co.id-Sebagai upaya perbaikan produksi rumput laut di Indonesia, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), melalui Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM), mendistribusikan bibit unggul rumput laut hasil seleksi varietas. Kegiatan tersebut dilakukan oleh Loka Riset Budidaya Rumput Laut (LRBRL) Gorontalo, bagi masyarakat Mamuju Tengah, Sulawesi Barat.

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya ketersediaan bibit unggul rumput laut, yang menjadi salah satu kendala dalam budidaya rumput laut saat ini. Untuk itu, perlu dilakukan pengelolaan kawasan kebun bibit rumput laut, dengan penerapan metode seleksi varietas guna menghasilkan bibit rumput laut unggul sebagai upaya dalam penyediaan stok dan perbaikan kualitas bibit serta perbaikan produksi hasil budidaya di Indonesia.

Keunggulan dari teknologi ini adalah mampu meningkatkan produksi hingga 27,99 % dibandingkan dengan menggunakan bibit non seleksi varietas dalam suatu usaha budidaya. Bibit hasil seleksi varietas hasil riset pada tahun ini bisa mencapai 10 kali lipat dari bobot tanam awal yaitu 50 gram/rumpunnya.

Adapun teknologi ini praktis dan mudah diadopsi oleh pembudidaya langsung di lapangan. Penerapan metodenya tidak membutuhkan spesifikasi sarana prasarana dan SDM khusus sehingga input biaya sangat murah dibanding metode lainnya.

Tahun 2020, LRBRL Pusat Riset Perikanan, telah menghasilkan strain unggul rumput laut yang berguna bagi perbaikan produksi serta kualitas untuk budidayanya. Bibit rumput laut tersebut telah didisribusikan kepada pembudidaya rumput laut. Riset ini dilaksanakan pada sentra budidaya rumput laut di Perairan Desa Kambunong, Kecamatan Karossa, Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat.

“Manusia diberikan kecerdasan intelektual yang luar biasa. Apa yang sudah diberikan Tuhan, wajib kita pelajari dan kembangkan untuk kemaslahatan kita bersama. Kita sama-sama kerja keras bagaimana mengelola ciptaan Tuhan,” ujar Kepala BRSDM Sjarief Widjaja dalam keterangan resminya, Sabtu (23/10/2020).

Karena itu, Sjarief menyambut baik upaya-upaya yang telah dilakukan LRBRL bagi pegembangan riset rumput laut yang menghasilkan strain-strain unggul dan mendukung pengembangan budidaya rumput laut dengan mendistribusikannya kepada masyarakat.

Pada kesempatan kali ini, LRBRL secara simbolis telah melakukan kegiatan distribusi bibit unggul hasil seleksi varietas yang secara langsung diserahkan oleh Kepala LRBRL Rinel Ponto kepada masyarakat pembudidaya di perairan Desa Kambunong bersama dengan tim peneliti dan teknisi LRBRL, penyuluh perikanan, dan Tokoh Masyarakat. Rinel Ponto menyampaikan apresiasi kepada tim yang sudah menjalankan kegiatan riset ini secara all out di lapangan bersama pihak-pihak terkait.

“Perlu adanya pendampingan setelah kegiatan riset ini berakhir kepada masyarakat, khususnya pembudidaya, sehingga diharapkan masyarakat secara mandiri dapat melakukan pengelolaan kawasan kebun bibit unggul rumput laut dengan penerapan metode seleksi varietas,” jelas dia. Puspa